Jumat, 13 Des 2019 05:30 WIB

Round Up

Chair Challenge Viral di Medsos, Kenapa Para Pria Gagal Melakukannya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tantangan unik chair challenge (Foto: 20Detik)
Jakarta - Belum lama, dunia media sosial kembali digemparkan dengan salah satu challenge unik yang viral. Kali ini adalah Chair Challenge, yakni mengangkat kursi dengan posisi membungkuk menghadap tembok. Percaya atau tidak, wanita lebih banyak yang sukses melakukannya dibanding pria. Kenapa ya?

Salah satu dokter spesialis olahraga, dr Sophia Hage, SpKO mengatakan titik berat tubuh lebih mungkin yang jadi penyebabnya. Karena posisi titik penyangga berat berada dekat dengan bebannya atau kursi itu, jadi membuat pria lebih susah melakukannya.

"Nah, karena posisi penyangga berat (katrol) yang dekat dengan beban atau kursi itu membuat fungsi katrol tidak baik. Akhirnya, pada pria kontraksi otot punggung tersebut tidak cukup untuk mengangkat kursi," ujar dokter spesialis olahraga, dr Sophia Hage, SpKO pada detikcom, Kamis (12/12/2019).



Namun dokter spesialis kedokteran olahraga dari Slim and Health Sports Therapy, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan, jika orang berasumsi pria tidak bisa melakukannya itu salah. Tidak semua wanita bisa dan tidak seluruh pria itu tidak dapat menjalankan challenge ini.

"Semua wanita yang bisa, pasti juga ada yang tidak bisa apalagi yang tubuhnya tinggi. Menurut saya, hal seperti inilah yang memang bagus untuk dijadikan challenge," ujarnya pada detikcom.

"Pria memang akan lebih sulit untuk melakukannya karena kekuatan otot punggungnya lemah atau tidak kuat. Selain itu, karena tinggi dan titik tumpunya juga berbeda dari wanita. Hal itu yang menjadi patokan kalau pria tidak bisa menjalani challenge ini," jelasnya.

Agar bisa melakukannya, dr Michael menyarankan untuk pria atau wanita mulai membiasakan diri untuk melatih otot punggung. Misalnya seperti back up dan olahraga serupa lainnya. Itu akan membentuk postur tulang belakang akan lebih tegak dan semakin mudah untuk melakukan Chair Challenge ini.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)