Jumat, 13 Des 2019 14:31 WIB

Vidi Aldiano Baru Tahu Idap Kanker Ginjal, Penyakit yang Sulit Terdeteksi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal stadium 3. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Salah satu penyanyi muda Indonesia, Vidi Aldiano baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya mengalami kanker ginjal. Melalui unggahan Instagram pribadinya, dirinya baru mengetahuinya sejak satu minggu yang lalu.

"Minggu lalu gue baru dapet kabar bahwa gue punya cancer di ginjal gue, tepatnya di ginjal kiri gue," ucapnya dalam akun Instagram pribadinya.

Vidi menjalani operasi pengangkatan ginjal. Dan disebut bahwa kanker yang diidapnya sudah memasuki stadium 3.



Tanda atau gejala dari kanker ginjal memang jarang terlihat sejak awal. Bahkan, faktor risiko yang menyebabkan penyakit ini pun belum bisa dijelaskan secara pasti.

Dikutip dari Mayo Clinic, kanker ginjal terjadi saat beberapa sel ginjal mengalami mutasi pada DNA. Mutasi ini memberikan arahan pada sel untuk tumbuh dan membelah dengan cepat. Sel-sel abnormal yang terakumulasi itu membentuk tumor pada ginjal.

Namun, ada beberapa tanda atau gejala kanker ginjal yang bisa diwaspadai seperti, terdapat darah di dalam urine, rasa sakit di punggung atau pinggang bagian samping yang tidak kunjung hilang, kehilangan selera makan, gampang lelah, dan demam yang berlangsung lama.



Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)