Minggu, 15 Des 2019 18:01 WIB

Tips Bima Arya Tetap Sehat di Usia Mendekati Setengah Abad

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta - Seiring bertambahnya usia, bukan hanya kedewasaan berpikir dan kebijaksanaan dalam bersikap yang bertambah, melainkan juga risiko terserang penyakit akibat daya tahan tubuh yang menurun. Terlebih ketika sudah menginjak umur 40 tahun ke atas, perlu dilakukan olahraga dan pola hidup sehat secara teratur agar tubuh tak mudah terserang penyakit.

Menyadari usia tak lagi muda, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto memilih untuk hidup sehat agar tetap bisa menjalani aktivitasnya yang padat.

"Makan dijaga, terutama di usia 40 tahun ke atas ini ya mendekati usia 50 tahun, karbohidrat diatur polanya, jangan terlalu banyak karbohidrat. Air putih, buah-buahan dan sayur juga perlu dipaksa," kata Bima Arya saat ditemui usai mengikuti lomba lari di Kawasan Kota Tua, Jakarta Utara, pada Minggu (15/12/2019).



Tak hanya rutin mengatur pola hidup sehat, pria yang akrab disapa Kang Bima ini juga menjelaskan, bahwa pola tidur yang cukup dan berolahraga merupakan hal yang wajib dilakukan.

"Pola ritme atau pola tidurnya diatur, cukup tidur itu kuncinya. Saya minimal 6 jam (tidur), dan itu satu pola tidur. Kedua, latihan rutin, saya lari itu 5 kali seminggu, weekdays mungkin jaraknya 5-7 kilometer, tapi kalau weekend bisa long run agak panjang, bisa di atas 10-15 kilometer," ucap Bima Arya.

Risiko penyakit yang dapat menyerang pada umur 40 tahun ke atas, tentu bermacam-macam mulai dari kolesterol, diabetes, hingga asam urat. Pentingnya kesadaran dalam menjaga kesehatan, wajib hukumnya. Karena dengan tubuh yang sehat, melakukan aktivitas yang padat pun menjadi terasa lebih ringan.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)