Senin, 16 Des 2019 13:41 WIB

Uji KB Suntik Pria Berhenti karena Bikin Testis Meledak, Benarkah?

Firdaus Anwar - detikHealth
Uji KB suntik untuk pria kabarnya bisa membuat testis meledak. (Foto: Tangkapan Layar Facebook)
Jakarta - Sebelumnya diberitakan peneliti India sukses melakukan uji klinik KB suntik untuk pria. Diberi nama Reversible Inhibition of Sperm Under Guidance (RISUG), peneliti dari The Indian Council of Medical Research (ICMR) menyebut efeknya bisa bertahan sampai 13 tahun.

Terkait hal tersebut, belakangan beredar artikel yang menyebut uji klinik KB suntik pria ini dihentikan. Alasannya karena ditemukan efek samping testis para partisipan meledak saat orgasme.



"Tes kontrasepsi pria berhenti usai testis para pria mulai meledak di India," tulis judul artikel yang ramai dibagikan di Facebook.

Satu pengguna Facebook yang membagikan artikel pada 5 Desember 2019 mendapat lebih dari 300 komentar dan dibagikan ulang sekitar 1,7 ribu kali. Benarkah hal tersebut?

Beberapa halaman pencari fakta seperti Snopes dan Lead Stories menemukan artikel dengan judul serupa diunggah oleh situs satire ihlayanews pada 3 Desember 2019.

"Meski situs ini tidak memberi disclaimer, tajuknya menyertakan slogan 'nuusparodie waarvan jy hou', yang artinya 'berita parodi yang Anda suka" dalam bahasa Afrika," tulis Snopes.



Simak Video "Viral Wanita AS Bagikan Pengalaman Saat Tes Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)