Senin, 16 Des 2019 16:00 WIB

Kenapa Gampang Mabuk Saat Melibas Jalan Bergelombang Seperti Tol Japek?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penyebab mual saat melewati jalan bergelombang. Foto: Soraya Novika
Jakarta - Baru diresmikan pada Minggu (15/12/19) lalu, keadaan jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Layang Japek dianggap tidak nyaman. Ini karena kondisi jalan bergelombang dan bisa bikin mual bagi yang gampang mabuk perjalanan.

Kondisi jalan ini bergelombang karena banyaknya sambungan. Hal ini menimbulkan guncangan hingga membuat pengendara merasa mabuk, pusing, dan mual. Sebenarnya, kenapa sih tubuh bisa mengalami mabuk perjalanan atau dalam dunia medis lebih dikenal dengan motion sickness?

Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, dr Felix Samuel, MKes, mengatakan mabuk, mual, atau motion sickness itu bisa terjadi karena adanya gangguan pada pusat keseimbangan di pusat otak dan tiga perifer. Itu terdiri dari mata, telinga, serta otot dan sendi.

"Yang terjadi ketidaksinkronan antara apa yang dilihat mata, apa yang dirasa sendi, dan didengar telinga dalam," ujarnya dalam perbincangan dengan detikcom saat membahas arus mudik beberapa waktu lalu.

Keadaan jalan yang bergelombang itu bisa menyebabkan ketidaksinkronan saat mata terfokus pada sesuatu, misalnya melihat ke arah jalan atau layar ponsel. Sementara pada otot dan sendi merasa, bahwa tubuh tidak bergerak atau diam saja. Namun, telinga kita mendengar sensasi pergerakan kendaraan itu.

"Jangan main hape di dalam kendaraan nanti bikin mabuk," tegasnya.

Sebagai pencegahannya, dr Felix menyarankan untuk mengalihkan fokus dari jalanan atau hal lainnya dengan mendengarkan musik atau ngobrol dengan penghuni mobil lainnya. Selain itu, sebelum pergi dianjurkan untuk tidak makan makanan yang terlalu pedas ataupun berminyak.

"Itu bisa memancing rasa mual itu muncul," imbuhnya.


Simak Video "Kemenkes: Lansia Perlu Hati-hati Gunakan Herbal untuk Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)