Senin, 16 Des 2019 17:35 WIB

Lelah Saat Liburan? Jangan Sampai Terjadi!

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Liburan akhir tahun sudah mulai dekat. Bagi Anda yang harus menempuh perjalanan jauh untuk mengisi liburan, berbagai persiapan perlu dilakukan terutama kondisi agar liburan tidak jadi berantakan.

Menjelajahi satu tempat ke tempat lain memang sangat mengasyikan. Namun tak dipungkiri terkadang kita bisa merasa kelelahan. Bahkan menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi, saat traveling bisa meningkatkan kerentanan terhadap gangguan kesehatan.

"Yang kerap terjadi adalah gangguan pencernaan akibat penyesuaian makanan, namun infeksi lain seperti virus juga dapat terjadi akibat daya tahan tubuh yang menurun. Daya tahan tubuh menurun akibat kelelahan saat traveling dapat menjadi pintu masuk berbagai gangguan kesehatan," ujar dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.


Apalagi Anda traveling dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menyetir sendiri. Menurut dr Helmin, kerentanan gangguan kesehatan lebih besar terjadi bagi pengemudinya.

"Perjalanan jauh dengan menunggu pada mobil dapat mempengaruhi kesehatan baik supir dan penumpangnya, walaupun memang disadari supirnya lebih rentan. Hal ini disebabkan penumpang pun dihadapkan pada kondisi berbeda dari sehari-harinya, yaitu berada dalam ruangan terbatas dan pada posisi yang statis dalam jangka waktu lama, sehingga mengganggu aliran udara dan aliran darah yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh secara umum," jelas dr Helmin.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga daya tahan tubuh supaya tidak kelelahan. Pasti tidak enak kan kalau liburan tapi terganggu dengan kondisi tubuh yang tidak prima. dr Helmin menyarankan agar sebelum berangkat, Anda harus benar-benar mempersiapkan fisik, maupun perlengkapan yang harus dibawa.

"Siapkan tubuh yang fit dan istirahat yang cukup sebelum keberangkatan. Kemudian siapkan makanan, minuman, obat-obatan pribadi dan suplemen untuk dibawa dalam perjalanan dan selama liburan," ujarnya.

dr Helmin menambahkan, asupan nutrisi yang seimbang jika diimplementasikan dalam menu sehari-hari dapat mencukupi untuk terpenuhinya kebutuhan tubuh. Namun ternyata tidak mudah untuk menerapkan sedemikian, sehingga diperlukan suplementasi untuk memenuhi nutrisi harian yang tidak dapat dicukupkan dari asupan sehari-hari.


"Dibutuhkan nutrisi seimbang seperti sumber karbohidrat, protein (nabati dan hewani), sumber serat, vitamin dan vineral (sayur dan buah) dalam proporsi yang tepat. Semua jenis vitamin wajib dikonsumsi atau dibutuhkan sesuai angka kecukupan gizi harian," jelasnya.

Karena itu, agar terpenuhinya gizi harian, bantu kembalikan energi di kala lelah saat liburan dengan Fatigon Multivitamin. Selalu bawa dan konsumsi multivitamin ini yang terdiri dari Kalium-Magnesium Aspartat (asam laktat terurai lebih cepat yang menyebabkan kelelahan dan asam) dan vitamin B1, B6, B12 (untuk saraf perifer mengatasi kram). Minum 1 kaplet setiap hari sebelum tidur untuk mempertahankan stamina harian tubuh Anda, terutama saat perjalanan panjang.

Simak Video "Penggunaan Massal Vaksin GX19 Diprediksi di Agustus 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya