Selasa, 17 Des 2019 14:20 WIB

Tewaskan 3 Peserta Didik Brimob, Ini Efek Sambaran Petir ke Tubuh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ini efek tubuh saat tersambar petir. Foto: Muhajir Arifin
Jakarta - Tiga peserta didik Dasar Bintara (Daspa) dan Dasar Perwira (Daspa) dari Pusdik Brimob, Watukosek, Pasuruan, tewas tersambar petir saat menjalani pelatihan di puncak Gunung Ringgit, Pasuruan, Jawa Timur kemarin (16/12/19).

Dari kejadian tersebut, ada delapan orang menjadi korban. Lima orang luka-luka dan tiga lainnya meninggal dunia. Kepala Pusdik Brimob Polri Kombes Almas Widodo Kolopaking mengatakan, hal ini terjadi karena ada perubahan cuaca saat peserta didik berada di Puncak Ringgit saat melakukan perjalanan ke Gunung Welirang.

"Karena ada perubahan cuaca, sampai di Gunung Ringgit terjadi hujan lebat dan ada petir, sehingga tiga orang peserta didik kami gugur. Dan lima terluka," terang Almas.

Saat petir menyambar tubuh, efeknya bisa berbeda-beda tergantung dari sambaran itu secara langsung atau melalui hantaran. Jika petir menyambar langsung, maka kemungkinan dapat menewaskan seseorang dengan muatan listrik sebesar 300 kilovolt.

"Bila sambaran masuk ke tengkorak akan terjadi kerusakan otak. Namun, kebanyakan kasus kematian terjadi karena serangan jantung akibat muatan listrik dari petir yang langsung menghentikan degupannya," kata pembawa acara Scichow, Hank Green.

Dikutip dari SchiShow, pada korban sambaran petir yang tidak langsung atau melalui hantaran, kemungkinan untuk selamat lebih besar. Menurut data, sekitar 70-90 persen korban petir dengan cara itu bisa selamat meskipun mengalami kecacatan atau efek samping lainnya.

dr Joseph Zito dari Franklin Hospital mengatakan petir dapat menyebabkan kerusakan besar pada jaringan tubuh meninggalkan luka bakar.

"Akibatnya juga ada luka bakar. Ini terjadi karena besarnya muatan listrik yang menjalar ke tubuh dan menghasilkan luka masuk dan keluar, seperti bekas tembakan," jelasnya.


Simak Video "Mengenal CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Sinclair"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)