Jumat, 20 Des 2019 05:20 WIB

Alasan Sering Merasa Haus, Salah Satunya Diabetes

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sering haus bisa menandakan gejala diabetes (Foto: iStock)
Jakarta - Total berat tubuh manusia itu, 60 persennya terdiri dari kandungan air. Karena itu, air memang sangat diperlukan oleh manusia, baik yang dikonsumsi atau dalam kegiatan sehari-hari.

Saat cuaca panas terik, pasti seringkali mendorong kita untuk lebih banyak minum. Jika tidak dipenuhi tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam terganggu. Akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal atau keadaan ini biasa disebut dengan dehidrasi.

Selain karena cuaca, ternyata ada alasan lainnya yang dikutip dari The Healthy yang membuat kamu sering merasa haus.



1. Diet yang terlalu banyak garam

Garam dapat mengeluarkan air dari sel dan memaksa tubuh untuk menghemat air sebanyak mungkin. Hal ini menyebabkan sel-sel yang merasa kekurangan air mengirim pesan ke otak untuk memintanya lebih banyak.

Dampaknya, kamu akan merasa sangat haus dan keinginan untuk minum terus bertambah. Untuk mencegahnya terjadi, mulailah kurangi asupan garam dan pastikan kamu mengkonsumsi air dengan cukup.

2. Olahraga secara berlebihan

Saat berolahraga, kamu akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Ini harus digantikan dengan cairan seperti air yang kamu minum. Jika itu tidak dipenuhi, kamu akan merasa sangat haus bahkan mengalami dehidrasi.

"Untuk mengatasinya, kamu harus banyak minum dan olahraga lah dengan sewajarnya atau tidak terlalu berlebihan," kata direktur medis Klinik Dewasa Kota Barat, dr Peter Mayock, MD dari Erie Family Health Center di Chicago.

3. Mengalami diabetes

dr Mayock mengatakan, sebagian besar pasiennya yang mengalami diabetes menunjukkan 3 tanda, yaitu haus berlebih, sering buang air kecil, dan penglihatan kabur.

"Saat mengalami diabetes, kamu akan terus merasa haus walaupun sudah banyak minum air. Ini terjadi karena saat air masuk ke tubuh, air itu akan membuatmu lebih sering buang air kecil," jelasnya.

4. Anemia

Tubuh itu bergantung pada sel darah dan berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Tapi, jika kamu tiba-tiba merasa sering haus bisa jadi kamu mengalami anemia.

Saat anemia masih dalam fase ringan, itu tidak akan menyebabkan haus yang berlebihan. Namun, jika itu semakin parah, akan muncul rasa harus yang lebih besar, merasa dehidrasi, pusing, serta berkeringat.

5. Efek obat-obatan

dr Mayock mengatakan, ada beberapa obat yang bisa mempengaruhi mulut terasa kering dan haus atau dehidrasi. Jenis obat itu di antaranya, antihistamin, antidepresan tertentu, dan diuretik yang biasa digunakan untuk tekanan darah tinggi.

Hal itu membuat mulut kamu terasa kering dan dehidrasi yang disebutkan sebagai efek samping dari obat-obatan tersebut. Maka dr Mayock menganjurkan untuk konsultasi pada dokter sebelum mendapatkan obat untuk penyakit yang sedang kamu alami.

6. Mengidap xerostomia atau mulut kering

"Ada beberapa kondisi langka yang bisa menyebabkan mulut kering," ujar dr Mayock.

Saat kamu merasa haus yang berlebihan dan merasa sering butuh air, kamu mungkin mengalami mulut kering atau xerostomia. Hal ini terjadi saat kelenjar air liur di dalam mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup.

Kamu bisa konsumsi banyak air untuk mengatasinya. Jika kondisi itu tidak kunjung reda, segera konsultasi ke dokter agar mendapat cara atau penanganan yang lebih baik lagi.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)