Jumat, 20 Des 2019 05:50 WIB

Viral Masuk UGD Usai Minum Kopi, Ini Saran Dokter Jantung Agar Tak Deg-degan

Nurul Khotimah - detikHealth
Pada beberapa orang yang sensitif, kafein bisa memicu jantung berdebar (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah kisah viral menyebar di media sosial. Seorang mahasiswa di Bandung mengaku masuk UGD karena jantung berdebar-debar sehabis minum es kopi di sebuah kedai, dan diyakininya berhubungan dengan asupan kafein.

Dalam cuitannya yang viral, mahasiswa bernama Ilham Rachmat Putera tersebut menyinggung kondisi abnormal denyut jantung atau Supraventricular Tachycardia (SVT).

Menurut dokter jantung dari RS SIloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, SVT merupakan kelainan penghantaran listrik di jantung yang sebenarnya tidak secara langsung berhubungan dengan asupan kopi. Beberapa orang baru menyadari memiliki kelainan ini setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu SVT ini kambuh.

Karena berhubungan dengan jantung, kerap penderita dan orang sekitar panik menanganinya. Namun sebenarnya ada cara sederhana untuk meredakan debaran jantung pada penderita SVT ini lho.

dr Vito memberikan saran untuk penderita diberikan minum air dingin atau taruh wajahnya di wadah air dingin, atau juga bisa dengan tahan napas sejenak.

"Tapi kalau berlangsung lama sebaiknya ke RS saja bisa diberikan obat suntikan intravena," tambah dr Vito, kepada detikcom saat dihubungi, Rabu (18/12/2019).



Jika kelainan ini dirasa mengganggu dan sering kali muncul pertimbangkanlah untuk mengobatinya hingga sembuh. dr Vito mengatakan, telah ada pengobatan bagi pasien dengan kelainan SVT. Penyembuhan sepenuhnya bisa melalui metode ablasi.

Namun sebelum memutuskan untuk memakai metode ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Karena belum tentu debaran yang Anda derita akibat SVT.

"Minta advis dari dokter spesialis jantung dan pembuluh darah karena setiap pasien yang berdebar belum tentu SVT dan mungkin masih perlu pemeriksaan penunjang untuk mengkonfirmasi dugaan ini," pungkasnya.



Simak Video "Ahli Vaksin Jelaskan Viral Bawang Putih Sembuhkan Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)