Jumat, 20 Des 2019 11:06 WIB

Ramai Jalan Tol Japek Bergelombang, Ini Cara Usir Mabuk Tanpa Obat

Firdaus Anwar - detikHealth
Tol layang Japek disebut bergelombang sehingga membuat mual. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) jadi perbincangan karena disebut kondisi jalannya bergelombang membuat pengendara mual. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan tol sebetulnya telah sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan jalan.

Masyarakat diminta agar lebih bijak saat berkendara, mematuhi rambu serta batas kecepatan kendaraan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan beberapa orang mungkin bisa tetap merasa tidak nyaman mengalami mabuk perjalanan.

dr Andreas Prasadja, RPSGT, yang akrab disapa dr Ade dari RS Mitra Kemayoran beberapa waktu lalu pernah membagikan tips mengatasi mabuk tanpa obat.


"Saat merasakan mabuk perjalanan, memang biasanya diatasi dengan mengonsumsi obat anti mabuk. Mengapa demikian? Obat anti mabuk memberikan efek mengantuk pada peminumnya, sehingga akan membuat tertidur," kata dr Ade.

Langkah pertama disarankan mematikan pendingin atau AC mobil lalu biarkan udara dari luar masuk. Menurut dr Ade seringkali mabuk perjalanan disebabkan oleh AC mobil yang terlalu dingin dan pada beberapa orang disebabkan oleh aroma pengharum mobil itu sendiri.

Jika AC sudah dimatikan dan kaca jendela mobil sudah dibuka namun masih merasakan mual, maka dr Ade menyarankan untuk minum hangat seperti teh manis. Tidak disarankan untuk memberi minuman dengan suhu dingin sebab bisa menambah efek rasa mual yang dirasakan.

Penggunaan minyak dengan aroma tertentu seperti minyak kayu putih atau minyak telon juga disarankan, sebab efek hangat dan aroma khasnya bisa membantu meredakan mual yang dirasakan. Minyak ini bisa diaplikasikan pada tubuh sambil dilakukan pemijatan agar semakin efektif.



Simak Video "Pembalut Kok Buat Mabuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)