Jumat, 20 Des 2019 16:40 WIB

Menkopolhukam Mahfud MD Singgung Ancaman Ebola di Indonesia, Ada Apa?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkopolhukam sebut Indonesia harus waspada ebola. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta - Penyebaran penyakit menular seperti Ebola, Zika, MERS (Middle East Respiratory Syndrome), dan lainnya rupanya dapat mengancam kesejahteraan. Beberapa di antaranya memang belum ada di Indonesia, termasuk Ebola yang lebih banyak mewabah di Afrika. Lalu, mengapa Indonesia harus waspada?

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mohammad Mahfud MD menjelaskan, penyakit menular perlu diwaspadai karena beberapa faktor.

"Menyebar secara alamiah mau pun yang terjadi secara disengaja, karena dibuat, karena perang, misalnya, karena operasi intelijen, atau terjadi secara insiden, beragam jenis penyakit seperti Ebola, Zika, MERS," jelasnya, di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (20/12/2019).


Karena kekhawatiran itu, Menkopolhukam bersama kemenkes dan seluruh lembaga baik sipil mau pun militer bekerja sama meluncurkan NAPHS, program yang direncanakan mampu atasi penyebaran penyakit menular.

"Kekhawatiran tersebut diperparah dengan masih adanya kesenjangan kapasitas di antara negara yang satu dengan yang lainnya, dalam mencegah, mendeteksi, dan merespons penyebaran penyakit tersebut," tegasnya.



Simak Video "Soal Kesehatan Mental, Jangan Diagnosis Diri Sendiri!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)