Sabtu, 21 Des 2019 17:00 WIB

Macet Jelang Tahun Baru Bikin Pegal? Coba Lakukan Olahraga Ringan Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Macet jelang tahun baru bikin pegal? Coba lakukan olahraga ringan. (Foto: Gusti Ramadhan Alhaki)
Jakarta - Menjelang hari natal dan tahun baru beberapa wilayah mengalami kemacetan. Mobil-mobil padat merayap, dan beberapa pengemudi lainnya terlihat menggunakan bahu jalan.

Menghadapi macet tentu menjadi hal yang menyebalkan. Apalagi menjelang tahun baru, macet tersebar luas di beberapa titik. Akibatnya badan bisa terasa pegal dan postur tubuh menjadi tidak nyaman. Daripada mengeluh terus menerus saat macet tak kunjung usai. Ada baiknya mulai mencoba olahraga ringan yang bisa dilakukan saat macet.

Mengutip webmd, berikut tips olahraga ringan yang bisa dilakukan selagi berkendara:

1. Gerakkan rahang

Gerakan rahang Anda. Buka mulut selebar-lebarnya, dan mulai fokus untuk menggerakkan rahang ke atas dan ke bawah. Tutup mulut perlahan-lahan, dan ulangi prosesnya sebanyak lima kali.



2. Regangkan leher

Regangkan leher Anda. Untuk meregangkan leher tanpa menyakiti diri sendiri, perlahan-lahan putar kepala ke kedua bahu, sambil tetap menatap ke depan di jalan. Pegang kepala selama beberapa detik, lalu perlahan-lahan kembalikan ke posisi tegak, dan ulangi proses yang sama di sisi lainnya. Regangkan setiap sisi leher sebanyak lima kali. Hanya regangkan leher semudah dan senyaman mungkin. Jika merasa sakit, kembalikan kepala ke posisi tegak.

3. Regangkan betis

Gerakan ini tidak dikhususkan untuk pengemudi. Gerakan ini dimulai dengan dorong tumit, dan dilanjutkan dengan merentangkan otot betis.

4. Gulung bahu

Gulung bahu di sini adalah gerakan mengangkat bahu. Gerakan "mengangkat bahu" membantu mengendurkan otot bahu, punggung, dan leher. Angkat dan turunkan bahu sesering mungkin agar terasa nyaman.



Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)