Senin, 23 Des 2019 14:51 WIB

Perhatikan Ini Sebelum Mudik atau Liburan Jauh

Nurcholis Maarif - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Mudik sudah seperti jadi tradisi masyarakat Indonesia. Meski lebih sering mengambil momen di hari raya, sebenarnya mudik juga bisa dilakukan oleh masyarakat kapan saja. Tak terkecuali menjelang Natal dan Tahun Baru.

Tentunya sebagian masyarakat ada yang ingin menghabiskan Natal atau liburan Tahun Baru bersama keluarga di rumah. Ada juga yang ingin liburan menuju destinasi yang jauh. Namun, sebelum mudik atau pergi jauh, ada hal-hal yang 'wajib' diperhatikan agar bisa sampai kampung atau destinasi dengan selamat. Selain itu, akhirnya kondisi sebelum pergi dan ketika sampai di rumah pun sehat sentosa.

Cek Kondisi Kendaraan dan Jalan

Jika mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan mobil atau motor dalam kondisi yang prima. Minimal sudah diservis sebelum digunakan untuk bepergian jauh. Misalnya cek oli, ban, rem, mesin, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga harus tahu trek dan panjang jalan yang bakal dilalui untuk mudik atau pergi jauh. Kamu bisa bertanya dari teman-temanmu atau dari internet titik-titik lokasi penting di sepanjang perjalanan, seperti rest area, SPBU, bengkel, dan lain sebagainya.


Jangan meremehkan informasi dasar ini, karena kesalahan sedikit saja dari salah rute atau ada kendala di kendaraan bisa menjadi rumit di perjalanan nantinya. Setidaknya saat sudah dipersiapkan dengan baik, kamu bisa meminimalisir hal tersebut.

Perhatikan Rumah yang Ditinggalkan

Pastinya kamu mudik atau liburan lebih dari dua hari atau bisa sampai seminggu. Untuk itu, kamu juga harus memastikan kondisi rumah yang ditinggalkan. Misalnya cabut semua sambungan listrik dan lepas pipa gas dari kompor.

Lapor ketua RT-mu dan bilang kalau kamu akan mudik atau pergi jauh. Bila perlu titipkan kunci rumah ke tetangga dan minta tolong untuk mengecek rumahmu setiap harinya.

Selain faktor keamanan, memberi tahu tetangga atau RT juga menolongmu jika nanti ada tamu yang mendatangi rumah sedangkan kamu sedang mudik.

Jangan Lupakan Kesehatanmu

Kamu tak akan pergi mudik atau liburan jauh jika kamu tidak dalam kondisi sehat. Namun, kamu juga harus memastikan saat kembali nanti, kondisi fisikmu seperti saat berangkat.

Untuk itu mari berjaga-jaga dari sebelum berangkat, misalnya dari penyakit yang mengganggu secara tiba-tiba seperti kebas dan kesemutan. Kesemutan bisa tiba-tiba muncul saat mengendarai motor atau menyetir mobil terlalu lama.

Perhatikan Ini Sebelum Mudik atau Liburan JauhFoto: Dok Vitropic Forte

Tak hanya bagi pengemudi, kesemutan juga dapat muncul pada penumpang yang duduk di belakang karena terlalu lama duduk. Kesemutan dan kebas juga bisa disebabkan karena kekurangan Vitamin B.

Gejala kebas dan kesemutan dapat muncul dalam waktu yang sekejap karena kekurangan vitamin, tetapi juga dapat muncul ketika tubuh sudah kekurangan vitamin dalam waktu yang lama.


Kesemutan sebenarnya disebabkan karena kekurangan asupan vitamin saraf yang terdiri dari vitamin B1, B6, dan B12. Efek kekurangan vitamin pada kondisi ini berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pekerjaan atau rutinitas yang dilakukan.

Untuk mengobati sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin B dan tentunya tak ingin tiba-tiba kesemutan datang di momen mudik dan liburan jauh nanti, kamu bisa mengonsumsi dan menyiapkan Vitropic Forte.

Vitropic Forte memiliki kandungan Vitamin B1 (100 mg), B6 (100 mg), dan B12 (5000 mcg) yang dibutuhkan untuk meringankan gejala kebas dan kesemutan seperti pada beri-beri dan polineuropati atau kerusakan pada beberapa bagian saraf yang disebabkan kekurangan vitamin tersebut.

Menariknya, Vitropic Forte diproduksi oleh Pharos Group sebagai perusahaan farmasi yang sudah 48 tahun di Indonesia dan menggunakan bahan baku terpercaya yang menjaga konsistensi kandungan vitamin B yang ada selama masa shelf life.

Selain itu, ukuran tablet yang lebih kecil membuat Vitropic Forte mudah ditelan. Ukuran packaging Vitropic Forte pun tergolong kecil, yaitu sebesar 3 blister x 10 tablet, sehingga praktis untuk dibawa ke mana, termasuk jadi teman obat di perjalanan nanti. Kamu bisa mendapatkan Vitropic Forte di Century, apotek, toko obat terdekat.

Perhatikan Ini Sebelum Mudik atau Liburan JauhFoto: Dok Vitropic Forte


Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)