Selasa, 24 Des 2019 08:20 WIB

5 Hoax Kesehatan yang Paling Bikin Heboh Sepanjang 2019

Widiya Wiyanti - detikHealth
Halaman 2 dari 6
1 Hoax atasi serangan jantung dengan menepuk lengan
Foto: DW (News)

Viral sebuah video yang mengklaim seseorang terkena serangan jantung di bioskop dan bisa selamat karena tepukan tangan yang dilakukan pada area tangannya. Orang tersebut terlihat memberikan tepukan selama 2 menit hingga si pasien sadarkan diri dan muntah di akhir video.

Berikut ini adalah pesan berantai yang ramai dibicarakan:

Di Bioskop tiba2 serangan jantung. Pas ada sinshe tepok kedua tangannya 2 menit sembuh kembali.
Video ini memberi nasihat darurat bagi kawan2 yang ada bakat penyakit jantung, silahkan perhatikan & pelajarin cara mengatasin serangan jantung yang umumnya datang mendadak?!, sehingga banyak orang tidak tertolong nyawanya dan meninggal di tempat / di perjalanan ke rumah sakit !

Perhatikan :
1. Pada waktu kejadian akut tepuklah siku lengan bagian dalam spt video ini, harus di ingat lengan sebelah kiri, karena disekitar lengan kiri ini terdapat 3 titik yang berhubungan dengan jantung dan paru paru.

2. Dengan menepuk keras daerah sekitar ini akan memperlancar peredaran darah dan akan terasa hangat dan keluar keringat.

3. Perlu Anda ketahui serangan jantung terjadi karena peredaran darah terhambat, dengan menepuk bagian lengan ini akan meningkatkan suhu dan menghindari terjadinya penggumpalan dan memperlancar sirkulasi darah, tapi setelah itu segera bawa ke rumah sakit.

4. Untuk keseharian ada baiknya kita juga menepuk bagian ini setiap hari, karena dapat mencegah segala penyakit jantung dan dapat mengurangi terjadinya serangan jantung secara mendadak !

Jika Anda merasa berguna info spt ini?, segera share kepada teman2 & keluarga besar Anda, karena dengan berbagi kecil spt ini, Anda bisa menyelamatkan banyak orang.

Dokter spesialis jantung, dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, meragukan keterangan yang menyertai video viral tersebut. Selain tidak bisa dipastikan bahwa orang di video itu sedang mengalami serangan jantung, tips yang disampaikan juga tidak tepat.

"Dalam video itu tidak jelas apakah benar serangan jantung atau bukan. Jika benar serangan jantung maka ditepuk seperti apapun tidak akan menolong apa-apa. Soal tiga titik yang berhubungan dengan serangan jantung, sebenarnya ya seluruh pembuluh darah kita di tangan atau kaki kiri dan kanan juga berhubungan sama jantung," jelas dokter yang akrab disapa Vito ini

(wdw/wdw)