Rabu, 25 Des 2019 16:35 WIB

Agar Natal Tak Berantakan, Ketahui Pertolongan Pertama 6 Kondisi Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ini pertolongan pertama pada 6 kondisi yang bisa bikin pesta Natal berantakan. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Suasana Natal yang meriah sebaiknya tidak dirusak dengan hal-hal yang mengkhawatirkan seperti jatuh sakit, ataupun luka bakar. Kecelakaan sekecil apapun bisa berisiko membuat pesta Natal kamu berantakan.

Kecelakaan kecil bisa terjadi, dan tentu pertolongan pertamanya ada. Dikutip dari Mirror.co.uk, berikut 6 pertolongan pertama untuk kecelakaan-kecelakaan kecil yang bisa terjadi di kala pesta Natal bersama keluarga maupun teman terdekat:



1. Luka bakar

Luka bakar bisa timbul saat memasak atau sedang memasang lilin ketika pesta Natal dirayakan. Jika kamu mengalaminya, catat seberapa dalam luka bakar tersebut dan berlokasi di mana. Luka bakar superficial hanya membakar permukaan kulit saja, yang ditunjukkan dengan berubah jadi memerah, nyeri, dan melepuh. Rasa nyeri cenderung jadi penanda yang baik, siramlah kulit yang nyeri dengan air dingin selama 10 menit atau lebih. Jangan pecahakan lepuhan, tutupi dengan plester atau kain. Jika kulit tak memerah namun hitam atau putih, segera bawa ke unit gawat darurat terdekat untuk mendapatkan penanganan karena jaringan kulit dan saraf telah rusak.

2. Sakit

Natal kali ini juga diiringi dengan musim hujan yang mengundang berbagai penyakit dan bisa saja menular. Cegah dengan menjauhi orang-orang yang sakit dan praktekkan higienitas yang baik agar tak menular. Namun jika kamu mengalami sakit karena keracunan makanan, biasanya akan ditunjukkan dengan gejala muntah setelah empat jam makan, dan tidak menular. Pertolongan pertamanya mudah, pastikan dirimu terhidrasi cukup dan naikkan gula darah. Periksa ke dokter hanya jika kamu tak bisa menelan, terus-terusan muntah dan diare di waktu yang sama.

3. Luka kecil

Luka kecil bisa saja terjadi, misal teriris isolasi saat asyik membuka kado Natal, atau memotong kue Natal. Jika ini terjadi, bersihkan dulu area yang teriris dengan air biasa lalu aplikasikan plester. Jika lukanya kotor, bersihkan lebih dulu dengan air dan sabun lembut, baru tutup dengan plester. Membersihkan luka menjauhkanmu dari infeksi seperti tetanus. Apabila lukamu berdarah, cubit dan tekan dengan tisu untuk menghentikan pendarahan, kira-kira 5-10 menit.

4. Batuk

Terbangun di malam hari karena batuk bisa menyebabkan kita kekurangan tidur. Minumlah paracetamol atau pasang humidifier bisa menjadi pertolongan pertama menghentikan batuk agar Natalmu tetap berakhir menyenangkan. Periksakan ke dokter apabila saat bernapas kamu merasakan sakit, batuk berdarah, atau suhu tubuh mencapai 37,8 derajat.

5. Keseleo

Terlalu heboh saat berpesta Natal bisa meningkatkan risiko kamu keseleo. Keseleo bisa menyebabkan bengkak dan nyeri, atau bahkan fraktur. Jika kamu mengalaminya, segera lakukan RICE; yakni istirahatkan (Rest) pergelangan kaki yang keseleo, kompres (Compress) dengan es (Ice) selama 48 jam pertama untuk mengurangi bengkak, naikkan (Elevate) kaki agak lebih tinggi. Saat tidur, pastikan kaki lebih tinggi posisinya dari pinggang, lalu cek apakah ada tulang patah dengan memegang kedua sisi pergelangan kaki. Jika nyeri, dipastikan ada fraktur dan disarankan segera melakukan pindaian X-Ray.

6. Nyeri otot atau punggung

Kemeriahan Natal terkadang membuat kita lupa diri dan berlebihan, sehingga nyeri otot atau punggung lebih mungkin terjadi. Pertolongan pertama adalah gerakkan tubuhmu sebanyak mungkin untuk mempercepat pemulihan, namun tetap secara perlahan. Jika nyeri menuju ke kedua kaki, kehilangan sensasi ingin buang air kecil atau besar, dan kulit terasa berbeda di area antara kedua kaki, segera menuju gawat darurat atau telpon ambulans. Karena bisa saja terjadi hernia, atau lempengan di tulang punggung yang mencuat keluar dan menekan saraf, menjadikan kemungkinan lumpuh.



Simak Video "Pernah Keracunan, Mikha Tambayong Kini Jalani Hidup Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)