Kamis, 26 Des 2019 09:31 WIB

Karena Kondisi Langka, Pria Ini Jadi 'Zombie' Setelah 3 Bulan Pernikahan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Instagram/juliecastincordeiroJulie Castin Cordeiro dan Sandro Gabriel da Silva Cordeiro.
Jakarta - Sepulang dari bulan madu, kehidupan pasangan baru Julie Castin Cordeiro dan Sandro Gabriel da Silva Cordeiro berubah 180 derajat. Baru tiga bulan menikah, Gabriel harus mengidap kondisi jantung langka.

Dimulai dengan gejala detak jantung Gabriel yang berdetak sangat cepat. Kemudian ia didiagnosis kardiomiopati ventrikel kiri, yaitu penyakit otot jantung yang disebabkan oleh perubahan dalam susunan genetik seseorang.

Kondisi itu membuat Gabriel kerap pingsan tiba-tiba, misalnya saat berdiri terlalu cepat, berjalan terlalu lama, mengangkat berat, atau membungkuk terlalu sering. Gabriel pun harus berhenti dari pekerjaannya karena kondisinya itu.

"Bagian tersulitnya karena kondisi itu langka!" ujar sang istri, Julie dikutip dari Metro.



Julie merasa kehidupannya jatuh setelah kondisi Gabriel semakin parah. Perekonomian pun semakin sulit, terlebih karena mereka tinggal di Belanda, tidak semua pelayanan kesehatan gratis di sana.

"Saya ingat suatu kali saya memberi tahu dokter bahwa suami saya adalah 'zombie' dan lebih baik mati daripada hidup seperti itu," ungkapnya.

"Pada awalnya, itu sangat sulit, saya selalu lelah dan saya tidak tahu apa yang terjadi," lanjut Julie.

Namun Julie dan Gabriel terus berjuang bersama. Lima tahun usia pernikahannya kini, kondisi Gabriel semakin membaik meski harus terus mengonsumsi obat yang membuatnya selalu lemas.

Dikutip dari Mayo Clinic, kardiomiopati ventrikel kiri terjadi karena adanya penebalan otot jantung yang tidak normal sehingga jantung tidak memompa darah dengan baik.

Gejalanya meliputi irama jantung tidak teratur, sensasi berdebar di dada, kelelahan ekstrem, sesak napas, pingsan, pembengkakan kaki, dan sulit berbaring rata.



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/kna)