Kamis, 26 Des 2019 17:00 WIB

Menkes Tegaskan Flu Babi Afrika Tak Menular ke Manusia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Flu babi Afrika dilaporkan mewabah, Menkes Terawan sebut tak perlu khawatir. Foto: DW (News)
Jakarta - Beberapa waktu belakangan, Organisasi Pangan Dunia (FAO) menyebut flu babi Afrika atau yang disebut African swine fever (ASF) mulai mewabah di Indonesia. Penyakit ini diduga telah menyerang ternak babi di Provinsi Sumatera Utara.

Isu tersebut membuat resah banyak masyarakat. Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebut publik tak perlu khawatir karena sampai saat ini penularan flu babi belum sampai ke manusia.

"Itu kan binatang, yang kena babi. Jangan khawatir kan yang jelas belum ada penularan ke manusia," kata Menkes Terawan saat dijumpai di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).


Sampai saat ini, kasus untuk flu babi Afrika masih ditangani oleh Kementerian Pertanian menyusul terjadinya kematian ribuan babi di Sumatera Utara. Kementerian Pertanian juga sudah mengeluarkan peraturan Menteri Pertanian (permentan) terkait kematian babi tersebut.

"Jadi sesuai Inpres no 4 2019 maka kementerian menjadi leading sector. Kalau menular ke manusia, Kemenkes akan leading sector. Kita harus menyesuaikan kaidahnya supaya mencegah penyakit itu dengan baik," pungkas Menkes.



Simak Video "Wabah Virus Ebola Kedua di Kongo Tewaskan 4 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)