Jumat, 27 Des 2019 08:47 WIB

Bohong Soal Kanker, Dokter Ini Angkat Rahim Wanita Tanpa Persetujuan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dokter ini angkat rahim wanita tanpa persetujuan pasiennya. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Ketika melakukan penanganan operasi apa pun, tentu biasanya dokter selalu menjelaskan tindakan yang akan dilakukan, beserta kondisi buruk yang kemungkinan akan terjadi. Namun, anehnya hal itu tidak dilakukan oleh seorang dokter Virginia bernama Javaid Perwaiz.

Dokter ini diduga telah melakukan histerektomi dan mengikat saluran tuba pasien tanpa persetujuan mereka. Histerektomi adalah prosedur medis untuk mengangkat rahim wanita. Artinya, wanita yang melakukan prosedur ini tidak bisa lagi hamil.

Perwaiz diduga mengatakan kepada pasien bahwa ia memerlukan histerektomi karena 'kanker yang akan segera terjadi', dan ternyata kanker itu tidak benar-benar ada.


Menurut Virginian-Pilot, saksi mengatakan kepada penyidik bahwa Perwaiz secara rutin melakukan aksinya untuk menakut-nakuti pasien yang seolah mengidap kanker, agar ia mau menjalani operasi. Saksi juga menuduh bahwa Perwaiz tidak menggunakan anestesi regional pada pasien.

Di masa lalu, Perwaiz sudah pernah dilaporkan karena beragam macam kasus. 8 kasus dilaporkan dilakukan Perwaiz karena malpraktek yang kerap kali ia lakukan.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/wdw)