Sabtu, 28 Des 2019 15:01 WIB

Obat Batuk Anak: Tips Memilih dan Kenali Aturan Pakai

Lusiana Mustinda - detikHealth
Obat batuk anak. Foto: iStock Obat batuk anak. Foto: iStock
Jakarta - Anak-anak sering terserang batuk. Kondisi ini membuat si kecil merasa kurang nyaman. Sebelum memberikan obat batuk untuk anak ketahui dulu kiat-kiatnya.

Obat batuk alami bisa dimanfaatkan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk memberikan obat batuk anak dari apotek. Mulai dari madu, jeruk nipis, jahe dan kunyit yang diracik secara tradisional.



Jenis batuk yang terjadi pada anak ataupun orang dewasa hampir sama. Jika salah memilih obat, tentu batuk yang dialami si kecil bisa lebih lama sembuhnya. Ada 3 jenis batuk yang umum terjadi:


1. Batuk Berdahak

Batuk berdahak terjadi disertai dengan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan bagian bawah yakni tenggorokan dan paru-paru. Jika si kecil mengalami batuk berdahak, sebaiknya pilih obat batuk anak berjenis ekspektoran dengan kandungan gaifenesin agar lendirnya encer.

2. Batuk Kering

Batuk kering ialah batuk yang tidak disertai dengan lendir atau dahak.

3. Batuk Alergi

Beberapa anak kerap kali mengalami batuk alergi karena terpapar asap, debu hingga partikel lainnya.

Obat batuk anak.Obat batuk anak. Foto: istock


Setelah obat batuk anak alami dicoba, baru memilih alternatif lain berupa obat batuk anak lainnya. Namun, coba simak beberapa tips ini:


1. Obat Batuk Khusus Anak

Pastikan obat batuk yang dibeli adalah obat batuk khusus anak. Biasanya obat batuk anak ini dilengkapi dengan rasa buah sehingga rasanya tidak pedas ataupun terlalu pahit.


2. Bentuk Obat

Bentuk obat ada bermacam-macam. Mulai dari serbuk, tablet hingga sirup. Obat batuk anak tentu harus dipilih yang jenis sirup supaya memudahkan si kecil meminumnya.

Obat batuk anak.Obat batuk anak. Foto: Thinkstock

3. Tanggal Kedaluwarsa

Sama halnya seperti makanan. Obat juga perlu diperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Karena terkadang kita suka menyimpan sisa-sisa obat di rumah. Pastikan sebelum diberikan, tanggal kedaluwarsanya masih jauh.


4. Baca Aturan Pakai

Dosis dan aturan pakai sangat penting agar si kecil tidak diberikan dalam dosis berlebih ataupun kurang. Kemasan obat batuk anak biasanya juga dilengkapi dengan sendok takar atau pipet. Jangan menggunakan sendok yang ada di rumah. Ikuti dosis pemakaian yang dianjurkan sesuai dengan usia anak.

Akan tetapi jika si kecil batuk disertai dengan tanda-tanda ini, orangtua harus segera membawa si kecil ke dokter ya:


- Batuk disertai demam tinggi

- Kesulitan bernapas

- Nyeri dada

- Batuk disertai muntah

- Tidak mau makan dan minum





Simak Video "Kemenkes RI Sebut Belum Ada Vaksin untuk Virus Corona China"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)