Sabtu, 28 Des 2019 16:05 WIB

Kaleidoskop Kesehatan 2019

September: BJ Habibie Meninggal Dunia dan Penutup Mata Thareq Habibie

Firdaus Anwar - detikHealth
BJ Habibie semasa hidupnya hingga meninggal karena gagal jantung. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Bulan September kembali muncul berita duka. Indonesia kehilangan anak bangsa yang dibanggakan, BJ Habibie, karena gagal jantung.

Selain itu ada juga berita soal bencana kabut asap sempat menyelimuti beberapa daerah di Indonesia karena kebakaran hutan dan lahan. Di media sosial ramai berbagai video dan foto yang menunjukkan buruknya kondisi lingkungan kala itu.

Berikut berita kesehatan yang ramai di bulan September rangkuman detikcom:

1. ASMR Vanessa Angel

Aktris Vanessa Angel (VA) merilis vlog perdananya akhir Agustus lalu. Dalam vlog tersebut, VA bikin heboh dengan video bisik-bisik yang ia beri caption ASMR. Ia memperdengarkan berbagai macam bunyi-bunyian dari mulai makan es krim, minum, sampai desahan lirih.

Dikutip dari Healthline, ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response mengacu pada sensasi kesemutan, ketenangan, kepuasan, atau kenyamanan yang dipicu oleh suara atau visual tertentu. Sensasi ini biasanya dikenal juga dengan sebutan orgasme otak.

Menurut dr. Pukovisa Prawiroharjo, SpS, dokter spesialis saraf di RS Cipto Mangunkusumo, fenomena ASMR sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Penelitian tentang suara dan bagaimana efeknya bagi manusia sudah banyak dilakukan.

"Jadi sesuatu yang ritmik termasuk bunyi atau gelombang suara tertentu, memang bisa mempengaruhi otak manusia sehingga mungkin untuk bikin relaks," jelas dokter Pukovisa.


2. Tumor otak Ria Irawan

Artis Ria Irawan yang tahun 2014 lalu pernah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening harus kembali dirawat. Ria bercerita bahwa ada metastasis kanker dalam tubuhnya, kali ini tumor tumbuh di otak.

"Karena ada tumor didalam kepala,yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan, akhirnya saya harus belajar pelan-pelan berbicara dengan baik," tulis Ria di akun Instagramnya.

Dokter ahli hematologi onkologi medik dr Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM, mengatakan kanker kelenjar getah bening punya sifat yang khas. Sifat ini menjadi pembeda dengan jenis kanker lainnya.

"Disebut kanker kelenjar getah bening jika kondisinya prime atau tumbuh di situ. Tapi ada kondisi kanker yang sudah bermetastase, menyebar, hingga masuk ke kelenjar getah bening. Nah untuk yang ini nggak disebut sebagai kanker kelenjar getah bening," kata dr Nadia pada detikcom.

3. Tertipu cerita sedih ojol

Baru-baru ini viral di media sosial terutama Twitter soal driver ojol menipu dengan 'menjual' cerita sedih kepada korbannya. Hal ini ramai setelah diceritakan oleh pengguna ojol dengan user @kirekswasta di media sosial Twitter.

Dari satu cerita kemudian muncul pengakuan serupa dari para pengguna jasa ojol lainnya.

Menanggapi hal ini psikolog dari Universitas Indonesia, Firman Ramdhani, menjelaskan seseorang mudah tertipu karena modus yang dilakukan berkaitan dengan pengalaman pribadi. Rasa kasihan dan simpati seseorang akan membuat otak emosi aktif, maka cenderung dapat menyebabkan otak berpikir menurun.

"Sederhananya kalau kita lagi marah kita bisa ngelakuin hal-hal yang nggak pernah kita lakuin sebelumnya kan," imbuh Firman.


4. BJ Habibie wafat

Presiden RI ke-3 BJ Habibie tutup usia pada 11 September 2019 karena gagal jantung. Usia dikatakan oleh sang putra, Thareq Khemal Habibie, sebagai faktor yang menjadi penyebabnya.

"Alasan kenapa meninggal adalah karena sudah menua dan memang kemarin kan saya katakan, bahwa gagal jantung, yang mengakibatkan, karena penuaaan itu karena memang orang menjadi tua. Organ-organ itu melemah menjadi tidak kuat lagi," kata Thareq.

"Maka tadi jam 18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah," lanjutnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, gagal jantung terjadi ketika jantung tidak memompa darah sebagaimana seharusnya. Berbagai kondisi seperti penyempitan pembuluh arteri di jantung maupun tekanan darah tinggi, secara bertahap membuat jantung terlalu kaku dan lemah untuk memompa.


5. Penutup mata Thareq Habibie

Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menarik perhatian ketika tampil di depan media mengenakan penutup mata. Rupanya banyak yang penasaran mengapa sebelah mata Thareq ditutup hingga sempat beredar kabar hoax ia menerima transplantasi mata ayahnya.

"Sekarang once and for all, saya jelasin di depan TV bahwa saya itu kan sebetulnya diabetes. Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma. Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Kalau tekanannya membesar, ini mata kiri saya masih bagus, tekanannya kira-kira 13. Mata sini udah 25," kata Thareq.

Kondisi gangguan retina akibat diabetes bukan hal baru dalam dunia medis. Kondisi ini kerap disebut retinopati diabetik yang bila dibiarkan bisa menurunkan daya penglihatan.

6. Darurat kabut asap

Beberapa daerah di Indonesia pada bulan September kembali menghadapi ancaman kabut asap karena kebakaran hutan dan lahan. Masker menjadi kebutuhan utama, namun sayang tidak semua warga bisa mendapatkannya karena persediaan sering habis.

Hingga akhirnya beberapa orang melakukan aksi mencari donasi masker di internet. Aksi ini dilakukan lewat media sosial dan bekerja sama dengan organisasi masyarakat.

"Bisa dibilang darurat. Untuk Palangkaraya, sudah beberapa hari ini masker di berbagai apotek habis. Kita sempat dapat donasi dana tapi nggak bisa beli masker karena tidak ada. Sempat dapat kiriman masker yang langsung habis kita bagikan," kata salah satu warga Palangka Raya yang membuka donasi, Muhlisin.



Simak Video "Kapan Sih Waktu yang Baik Membaca Berita?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)