Minggu, 29 Des 2019 13:01 WIB

Tips Bebas Stres untuk Pegawai Mal di Momen Diskon Akhir Tahun

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Diskon akhir tahun. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Di akhir tahun 2019 ini, iklan promo diskon semakin banyak untuk menarik perhatian para pengunjung di pusat perbelanjaan. Semakin besar potongan harganya, maka pengunjung yang datang juga akan terus bertambah.

Namun bagi para pegawainya, momen seperti ini termasuk menjadi cobaan. Ini karena mereka harus pulang lebih malam bahkan bekerja lebih ekstra untuk membereskan barang-barang yang berantakan akibat para pembeli yang datang.

"Pernah sampai setengah 11 sampai pada keluar toko (pembeli), tapi kan harus beberes dulu sampai jam 12. Barang berantakan kayak kena badai, tsunami, puting beliung deh, sampai nggak bisa bedain mana yang sale dan nggak. Ancurlah pokoknya," kata Via, salah satu pegawai toko pada detikcom, Jumat (27/12/19).


Menanggapi ini, psikiater dari RS Jiwa Marzoeki Mahdi dr Lahargo Kembaren, SpKJ mengatakan hal seperti itu memang sudah menjadi kewajiban dan menguntungkan bagi mereka sebagai pegawai. Tapi, di musim diskon akhir tahun ini mereka bisa mengalami burnout syndrome atau kelelahan secara fisik dan secara psikologis.

"Itu terjadi karena adanya beban kerja yang lebih meningkat atau ada beban psikologis yang lebih tinggi dari biasanya. Tapi ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengelola rasa stres mereka atau manajemen stres," jelasnya.

Untuk mengatasinya, dr Lahargo memberikan tips untuk mengelola stres sebagai berikut:

1. Mengatur waktu sebaik mungkin, seperti mana yang harus menjadi prioritas dalam setiap kegiatan.

2. Jangan lupa rutin mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti buah, sayuran, ikan, dan air putih yang banyak.

3. Sempatkan diri untuk melakukan olahraga secara rutin, agar manajemen stres berjalan dengan baik.

4. Berusaha memotivasi diri dengan mindset atau cara berpikir yang lebih positif.



Simak Video "Dengerin Musik Bertempo Lambat dan Nyanyi Bersama Bisa Minimalisasi Stres"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)