Minggu, 29 Des 2019 14:01 WIB

Dipakai Pesepeda yang Ditabrak PNS, Ini Alasan Sepeda Carbon Mahal

Achmad Reyhan Dwiyanto - detikHealth
Foto: Sepeda yang ditabrak mobil di Sudirman (dok.istimewa)
Jakarta - Beberapa waktu lalu, pengendara mobil menabrak pesepeda di Kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. Terlihat pesepeda tersebut memakai sepeda jenis carbon.

Sepeda carbon memang dikenal sebagai sepeda mahal, harganya satuannya saja bisa mencapai angka ratusan juta. Namun, apa yang menyebabkan harga sepeda carbon menjadi sangat mahal?

Mengutip dari Active, bahan material karbon yang digunakan pada sepeda terbuat dari polimer yang diolah melalui proses pemanasan hingga menjadi benang. Benang panjang ini memiliki ukuran diameter-micron, bahkan 10-12 kali lebih kecil dari rambut manusia.


Serat karbon yang telah menjadi benang akan dijadikan lembaran seperti lapisan kain. Semakin tinggi kualitas karbon yang digunakan, harganya juga akan semakin mahal.

Diperlukannya ketelitian yang besar dan jeli dalam memperhatikan hal-hal detail membentuk lembaran serat karbon, hingga menjadi rangka yang aerodinamis pada sepeda.

Meski memiliki daya tahan yang lebih lama dan ringan serta tahan karat dibandingkan sepeda yang terbuat dari aluminium. Sepeda karbon juga memiliki risiko rusak lebih tinggi, karena hanya retak pada kerangka sepeda, bisa menyebabkan sepeda itu patah.



Simak Video "Pengusaha Taman Rekreasi Ngaku Dapat Berkah dari Komunitas Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)