Minggu, 29 Des 2019 15:10 WIB

Tak Bisa Liburan Jauh? Hilangkan Stres dengan Staycation Saja

Nurul Khotimah - detikHealth
Lagi tren cara liburan staycation. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Memasuki liburan akhir tahun banyak orang yang berpikir untuk liburan jauh. Tapi tentu nggak semua orang bisa bepergian karena berbagai alasan. Untuk menghilangkan stres, kamu bisa coba staycation atau menginap di hotel terdekat untuk merasakan relaksasi dengan berbagai fasilitas hotel.

Salah satu fasilitas yang kini mulai disediakan hotel untuk mengatasi insomnia adalah dengan retret tidur. Yaitu sebuah kegiatan untuk menenangkan diri bersama suatu kelompok dengan panduan dari fasilitastor. Namun apakah konsep ini akan bekerja mengatasi kualitas tidur?

Fiona Lamb, seorang hipnoterapis klinis yang berspesialisasi dalam insomnia, percaya demikian. Dia mengajarkan teknik tidur yang lebih baik kepada orang-orang, dan menggunakan meditasi serta hipnoterapi untuk mengatasi masalah tersebut. Kegelisahan dan stres yang dia katakan sering menjadi penyebab insomnia.

"Jika kamu tidak bisa tidur, akan ada penjelasan. Secara alami, kita tahu cara tidur, tetapi penyebab paling umum dari insomnia adalah stress," kata Lamb, dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (28/12/2019).


Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas tidak perlu mencoba kebiasaan lama agar bisa terjaga sepanjang tidur. Tapi pergi ke tempat baru untuk sekedar refreshing bisa menjadi salah satu cara mengatasi stres, misal pergi ke hotel atau menikmati udara segar.

"Pendekatan pemecahan masalah yang hati-hati untuk masalah tidur perlu diambil. Jika retret tidur menawarkan ini dalam lingkungan yang diawasi secara medis atau berorientasi maka itu adalah pilihan yang berharga," saran Bruck.

Mengejar tidur di lingkungan yang rileks karena serunya (atau tidak) juga bisa bermanfaat. Bruck menunjukkan bahwa liburan seperti itu mungkin membuat orang mengetahui apa yang penting, mengubah siklus tidur mereka dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Ini hanya salah satu alternatif untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Karenanya setiap orang tetap memiliki cara tersendiri dalam mendapatkan tidur yang didambakannya. Jika menghabiskan waktu liburan dengan tidur di rumah saja sudah cukup mengapa tidak?



Simak Video "Beredar Kabar Terompet Tularkan Penyakit, Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)