Senin, 30 Des 2019 08:00 WIB

Libur Tahun Baru? Tetap Lakukan Olahraga Agar Tak 'Melar' di Awal Tahun

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Tips olahraga yang bikin badan anti melar. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Libur panjang menjelang tahun baru seringkali digunakan sebagai kesempatan untuk rekreasi keluar kota atau pulang ke kampung halaman masing-masing. Namun, liburan panjang bukan berarti olahraganya juga libur lho!

Tahun baru selalu dikaitkan dengan pesta bersama keluarga atau teman-teman. Kamu tentu tidak mau kan di awal tahun nanti, perut jadi semakin melar dan berat badan naik secara drastis akibat makan-makan yang tidak terkontrol dan lupa berolahraga.

Olahraga tentu bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu pergi ke pusat kebugaran. Ini adalah tips yang bisa kamu lakukan agar tetap berolahraga selama liburan, seperti yang dikutip dari Healthline.

1. Berjalan atau lari

Meski tidak menemukan mesin kardio selama liburan, kamu tetap bisa melakukan rutinitas kardio dengan cara sederhana, yaitu pergi keluar untuk berjalan-jalan atau berlari.

"Jika anda berpergian ke suatu tempat yang hangat dan anda pergi keluar untuk berjalan atau jogging atau apapun seperti itu, itu adalah pilihan yang bagus," ucap ahli terapi fisik, DR Ebner, PT, SCS, dari Wexner Medical Center The Ohio State University.

Jalan kaki 20 menit menempuh jarak sekitar 1,6 kilometer dapat membakar sekitar 100 kalori. Namun ini tetap tergantung pada jenis kelamin dan berat badan seseorang.

2. Buat program olahraga sendiri

Berpergian dalam waktu yang cukup lama bisa mengacaukan program latihan kebugaran yang sudah dilakukan. Ebner mengatakan akan sangat membantu untuk membangun rutinitas baru selama kamu selama jauh dari rumah.

Ini mungkin tak akan menjadi seperti latihan yang biasanya dilakukan dan kamu perlu beradaptasi dengan lingkungan yang baru selama liburan.

"Anda mungkin tidak memiliki banyak ruang, tapi kamu bisa melakukan latihan seperti push-up, jumping jacks, dan sit-up," jelasnya.

"Anda dapat melakukan, misalnya, 10 push-up dan kemudian beberapa squat berat badan dan beberapa lunge. Anda juga bisa mengulanginya dua atau tiga kali dalam 10 atau 15 menit untuk itu. Kerja keras, tapi tetaplah berkelanjutan," tambahnya.

3. Cari referensi olahraga di internet

Untuk menambah pemahaman kamu dalam beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, Ebner menyarankan untuk mencari referensi olahraga melalui internet.

"Di YouTube, ada semua jenis video latihan, mulai dari yoga hingga senam," katanya.

"Jika anda mencoba menyesuaikan latihan dan anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, anda dapat menemukan rutinitas berpemandu di mana semuanya dijelaskan untuk anda dan anda dapat mengikutinya tanpa perlu memikirkannya," pungkasnya.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)