Senin, 30 Des 2019 18:42 WIB

Hakim Agung 'Bernilai' 16 Triliun Idap Tumor Lidah, Ini Tanda Gejalanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Foto: Hakim agung Prof Takdir Rahmadi (ari/detikcom)
Jakarta - Salah satu hakim agung yang pernah menangani kasus pembalak hutan ribuan hektar yang dilakukan PT Merbau Pelalawan Lestari, Profesor Takdir Rahmadi, kini sedang melawan tumor lidah. Takdir bersama Nurul Elmiyah dan Ida Sumanatha dulu menjatuhkan hukuman Rp 16 triliun kepada perusahaan tersebut.

"Tumor lidah, dari sini (menunjuk ke area mulutnya) terus dipotong. Ini kan luka belum bisa memakan. Mungkin bulan-bulan Januari akhir atau Februari awal dilepas. Kalau mau makan, diblender," kata Takdir Rahmadi.

Meskipun sedang sakit dengan kondisi hidung terlilit selang untuk memasukkan makanan, Takdir masih tetap bekerja. Ia sudah berjuang melawan tumor yang bersarang di tubuhnya selama tiga bulan ini. Seperti apa sih tumor lidah itu?

Dikutip dari Medical News Today, tumor atau lesi ini disebabkan oleh kanker yang ada di mulut, tepatnya di lidah. Kanker ini biasanya berkembang di sel skuamosa di permukaan lidah. Tanda kanker lidah yang paling mencolok adalah adanya luka pada lidah yang tidak sembuh hingga membuatnya sakit.


Orang yang sering merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol lebih berisiko mengidap penyakit ini. Walaupun bisa ditandai luka, gejala dari kanker lidah ini sering sulit untuk dikenali. Hal ini membuat orang yang mungkin mengalaminya tidak sadar ada tumor yang berkembang menjadi kanker pada lidah.

Kanker ini dapat berkembang di dua area lidah yang berbeda, bisa di bagian depan atau di belakang lidah yang dikenal dengan kanker orofaringeal. Namun, yang paling umum adalah karsinoma sel skuamosa.

Sel skuamosa merupakan sel tipis yang rata di permukaan kulit dan lidah. Ada juga di lapisan saluran pencernaan, pernapasan, lapisan mulut, tenggorokan, tiroid, serta laring.

Gejala utama kanker lidah yang bisa dideteksi diantaranya:

1. Sakit di rahang atau tenggorokan

2. Sakit saat menelan dan lidah maupun rahang terasa kaku

3. Muncul bercak merah atau putih di lapisan mulut atau lidah

4. Mulut mati rasa

5. Lidah berdarah tanpa sebab yang pasti



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)