Rabu, 01 Jan 2020 08:43 WIB

Tips Agar Tidak Jatuh Sakit Usai Merayakan Malam Tahun Baru

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamu rentan jatuh sakit usai begadang semalaman rayakan malam tahun baru, lho. Foto: iStock
Jakarta - Setiap tahun baru, acara ngobrol sambil begadang dengan keluarga atau teman itu pasti jadi agenda wajib. Momen setahun sekali ini pasti tidak ingin kamu lewatkan begitu saja, dong.

Tapi, seringkali setiap habis begadang tubuh akan lemas bahkan sampai sakit karena kurang tidur. Akibatnya, kamu malah tidak bisa menjalani rutinitas dengan baik, seperti sekolah, kuliah, dan bekerja.

Untuk memulihkan kondisi tubuh agar kembali siap beraktivitas, bisa coba tips yang dikutip dari Health ini.


1. Hidrasi tubuh

Saat begadang di malam tahun baru, pasti kamu akan mengkonsumsi kopi yang banyak mengandung kafein atau minuman dengan pemanis buatan yang berkarbonasi. Untuk menetralisirnya, kamu bisa perbanyak minum air putih, jus buah dan sayur, teh herbal dengan lemon atau madu, ataupun sup kaldu yang jauh dari kafein.

2. Istirahat yang cukup

Setelah begadang, biasanya tubuh akan terasa lebih lemas dari biasanya. Ditambah makanan dan minuman yang dikonsumsi saat malam tahun baru itu jauh dari kata sehat. Mungkin kamu akan merasakan gejala residu, seperti pusing, sakit lambung, dan lemas. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu istirahat yang cukup. Hindari penggunaan obat-obatan untuk memulihkan tubuh.

3. Konsumsi vitamin

Begadang bisa memberikan efek yang buruk bagi tubuh, seperti lemas hingga gampang sakit. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah dan pasokan nutrisi di dalam tubuh menipis. Untuk mencegah hal ini terjadi setelah menyambut tahun baru, jangan lupa untuk konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B, C, dan magnesium.

4. Hindari makanan berat

Setelah begadang, hindari mengkonsumsi makanan yang berat. Mengkonsumsinya saat metabolisme tubuh terganggu setelah begadang bisa menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik. Akibatnya kadar gula dalam tubuh kamu akan mengalami fluktuasi.

Kamu bisa minum perasan air lemon yang kaya akan vitamin C agar tubuh bisa pulih setelah begadang di malam tahun baru. Jika ingin sarapan, pilihkan sereal atau buah seperti pisang atau apel yang mudah dicerna.



Simak Video "Beredar Kabar Terompet Tularkan Penyakit, Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/frp)