Jumat, 03 Jan 2020 06:30 WIB

Meski Banjir, Menkes Pastikan Layanan di Puskesmas dan RS Siaga 24 Jam

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Banjir menggenangi sejumlah wilayah di Jabodetabek awal 2020 ini. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menegaskan pelayanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan baik itu puskesmas atau rumah sakit di sekitar wilayah banjir di Jabodetabek tetap melayani pasien 24 jam.

"Lho iya, Kemenkes juga siaga 24 jam siap menampung. Jelas RS terdekat dari lokasi banjir kita siapkan. Berikan edaran untuk bisa membuka akses seluas-luasnya untuk warga yang terdampak banjir dan sakit," sebut Menkes saat dijumpai pada Kamis (2/1/2020).

Untuk di wilayah Jakarta, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr Widiyawati, mengatakan seluruh RSUD dan puskesmas buka 24 jam untuk melayani pasien yang terkena dampak akibat banjir. Saat ini dilaporkan sudah ada 800 orang yang mengakses layanan kesehatan.



"Tentu saja 44 puskesmas kecamatan itu 24 jam buka dan RSUD kita semua juga siap untuk melayani pengungsi," kata Widiyawati.

Saat ini tim kesehatan mengantisipasi timbulnya penyakit akibat banjir seperti mual dan muntah, pusing, dan gatal-gatal. Selain itu meminimalisir risiko hipotermia dan kedinginan dengan membagikan selimut di tiap posko pengungsian.

"Kalau ada ibu hamil yang 9 bulan kita evakuasi ke puskesmas terdekat biar siap kalau melahirkan," pungkasnya.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)