Jumat, 03 Jan 2020 10:37 WIB

Medina Zein Jalani 3 Bulan Rehabilitasi Narkoba, Begini Tahapannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Medina Zein jalani rehabilitasi narkoba. (Foto: Hanif Hawari/ Istimewa)
Jakarta - Influencer Medina Zein dikabarkan harus menjalani rehabilitasi narkoba selama 3 bulan di Lemdikpol, Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Hal ini menyusul hasil tes urine dan rambut yang menemukan Medina terbukti menggunakan narkoba jenis amfetamin.

"Jadi diputuskan untuk Medina Zein ini akan dilaksanakan rehab terhadap yang bersangkutan. Rehabilitasi dilaksanakan di Lemdikpol di Pasar Jumat. Hari ini akan kita berangkatkan di sana," kata Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Terkait hal tersebut dr Hari Nugroho peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience (IMAN) pernah menjelaskan bahwa proses rehabilitasi biasanya dilakukan dalam tiga tahap.


"Tahap pertama adalah gejala penanganan putus zat atau yang biasa disebut detoksifikasi, kedua adalah rehabilitasi non medis, dan ketiga adalah after care. Lamanya rehabilitasi tak bisa diperkirakan karena bergantung pada besarnya ketergantungan, serta kondisi penyerta pengguna," kata dr Hari beberapa waktu lalu.

Tahap pertama akan dilakukan penanganan gejala putus zat atau kerap disebut sakau. Dokter mungkin memberikan obat untuk mengurangi gejala depresi, cemas, gelisah, yang rentan dialami seorang pengguna.

Berikutnya adalah tahapan rehabilitasi nonmedis. Dalam tahap ini pengguna dianggap sudah stabil dan menerima terapi sosial bersama pengguna lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah relaps atau kembali menggunakan narkoba.

Pada tahap terakhir pengguna sudah boleh keluar dari pusat rehabilitasi dan menerima pendampingan dari kelompok pendukung (support group). Pendampingan yang diberikan biasanya ada latihan keterampilan hingga pembinaan minat dan bakat.



Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)