Senin, 06 Jan 2020 12:14 WIB

Biar Sehat, Begini Cara Bersihkan Rumah Setelah Terendam Banjir

Angga Laraspati - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya tahun ini berdampak pada beberapa rumah warga yang terendam. Rumah yang terkena dampak banjir dapat menyebabkan berbagai permasalahan mulai dari kebersihan rumah, kerusakan elektronik hingga kesehatan penghuninya.

Dalam memastikan kondisi rumah baik-baik saja setelah terendam banjir, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih parah, terutama yang berdampak pada kesehatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:


Buka Semua Ventilasi Udara

Anda harus membuka semua ventilasi udara yang ada di rumah seperti pintu dan jendela untuk memungkinkan udara segar masuk menggantikan udara lembab pascabanjir. Nantinya, udara segar yang masuk tersebut akan memudahkan dan mempercepat proses pengeringan.

Bersihkan Setiap Kotoran yang Menempel

Untuk menghindari kuman dan bakteri, bersihkan setiap kotoran yang menempel pada dinding dan furnitur kayu dengan menggunakan air panas dan deterjen desinfektan. Setelah itu dapat dibilas selama beberapa kali dan keringkan. Tunggu selama beberapa hari, apabila ada pertumbuhan jamur, gosok dengan menggunakan alkohol.


Buang Barang yang Sudah Tidak Diperlukan

Buang mebel dan perkakas yang sudah terendam lebih dari 48 jam, karena perabotan tersebut kemungkinan sudah sulit untuk dikeringkan. Sehingga akan menjadi sarang bagi bakteri penyebab penyakit. Selain itu, Anda juga bisa membuang barang-barang yang bisa kedaluwarsa seperti makanan, obat, dan makeup. Buang juga sampah-sampah yang ada di rumah Anda, karena sampah hanya akan menimbulkan bahaya penyakit.

Bila Anda ingin lebih cepat dan mudah membersihkan rumah pascabanjir, Anda bisa meminta bantuan jasa dari Grab Clean & Fix.

Grab Clean & Fix bisa membantu Anda untuk membersihkan rumah yang terkena dampak banjir dan juga memperbaiki berbagai barang elektronik yang ada di rumah. Caranya cukup mudah, buka aplikasi Grab dan pilih Clean & Fix. Setelah itu Anda bisa memilih layanan yang dibutuhkan.

Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)