Selasa, 07 Jan 2020 15:43 WIB

Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan & Banjir

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Awal tahun 2020, curah hujan terasa cukup tinggi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak heran kalau tingginya curah hujan ini membuat Jakarta beberapa waktu lalu mengalami banjir di mana-mana.

Dalam situasi seperti ini, ada baiknya Anda menjaga daya tahan tubuh. Menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan tidaklah sulit. Simak tips agar tetap sehat saat hujan dan banjir berikut:

1. Selalu Sedia Payung

Agar tetap sehat di musim hujan, pastikan tubuh dan pakaian yang dikenakan tetap kering. Karena itu, jangan lupa membawa payung kemanapun Anda pergi. Meskipun cuaca sedang cerah, hujan deras bisa turun kapan saja. Jika perlu pakailah jas atau jaket anti angin dan air ketika bepergian.

2. Jaga Asupan Nutrisi


Sangat penting memenuhi kebutuhan gizi agar tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit kala hujan. Makanlah buah-buahan beraneka warna yang kaya antioksidan seperti vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa konsumsi nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, serat vitamin dan mineral.

3. Jaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Air secara tidak langsung mencegah dan terkadang bisa membantu menangani beberapa jenis penyakit. Dengan membuat tubuh tetap terhidrasi, air membantu mengatasi virus demam dan flu.

Sebab, air dapat 'membersihkan' tubuh dengan membuang kuman dan bakteri lewat ekskresi, seperti kencing dan keringat. Karenanya, jagalah tubuhmu tetap terhidrasi, terutama usai kehujanan, minimal dengan meminum air delapan gelas tiap harinya.

4. Hindari Jajanan di Pinggir Jalan Tanpa Kemasan

Seringkali saat cuaca dingin di tengah hujan, paling enak ngemil jajanan hangat di pinggir jalan sambil menunggu hujan. Namun, terkadang makanan yang dijual di pinggir jalan dengan keadaan tempat terbuka lebih rentan terpapar debu, dan bakteri. Sebaiknya, kurangi menyantap camilan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Hindari Gigitan Nyamuk

Populasi nyamuk biasanya meningkat di musim hujan terutama jika banjir yang menjadi sarang nyamuk. Beberapa jenis nyamuk bisa menyebarkan penyakit, seperti demam berdarah. Untuk mengontrol dan menghindari gigitan nyamuk, bersihkan tempat-tempat yang paling sering jadi sarangnya, seperti kolong tempat tidur, tirai jendela, kamar mandi, juga pot bunga. Selalu sediakan losion antinyamuk atau rebus serai agar aromanya membuat nyamuk menjauh.

Selain itu, Anda dapat menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk daya tahan tubuh. Namun di musim hujan ini, untuk bantu jaga kesehatan, pastinya perlu yang lebih dari vitamin C biasa, apalagi untuk Anda pekerja yang aktif dan memiliki aktivitas yang padat. Anda dapat memilih Blackmores, brand nomor 1 di Australia. Konsumsi Blackmores Bio C dengan Double C-Formula biar nggak gampang sakit. Dilapisi dengan mineral askorbat sehingga aman di lambung.

Blackmores Bio C juga mengandung Citrus Bioflavonoid yang membantu penyerapan vitamin C, serta serta antioksidan alami lainnnya seperti rutin, hesperidin, ekstrak rosehips, dan acerola. Nggak ada worry, jadi happy beraktivitas.

Simak Video "Apakah Kerokan Dapat Menyembuhkan Masuk Angin?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)