Selasa, 07 Jan 2020 17:32 WIB

792.854 Peserta Turun Kelas Imbas Iuran Naik, Ini Imbauan BPJS Kesehatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Demo menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Total sebanyak 792.854 peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan yang melakukan penurunan kelas. Data per tanggal 29 Desember 2019, penurunan kelas I ke kelas II sebanyak 96.735 peserta. Penurunan kelas I ke kelas III mencapai 188.088 peserta. Sedangkan, peserta kelas II ke kelas III sebanyak 508.031 peserta.

Hal ini dipengaruhi karena kenaikan iuran yang mencapai 100 persen. Menanggapi penurunan kelas ini, asisten deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta, Dwi Asmariyanti, memberi imbauan untuk masyarakat yang ingin turun kelas.

"Kalau kami lebih berharap sebenarnya kepada peserta JKN yang memang sudah terdaftar atau ingin turun kelas ini lebih ke arah bagaimana dia memahami hak dan kewajibannya tadi, haknya adalah bagaimana dia bisa mendapatkan pelayanan, kemudian mendapatkan informasi, bagaimana dia bisa melakukan pengaduan, dan juga melakukan kewajiban dia dalam pembayaran iuran secara tertib," jelasnya saat ditemui detikcom, Selasa (7/1/2020).



Menurutnya, selama peserta JKN BPJS Kesehatan tertib dalam melakukan iuran pembayaran iuran. Peserta tidak akan mendapat kesulitan dalam proses administrasi mau pun pelayanan di Rumah Sakit (RS).

"Selama pembayarannya tertib, artinya dia punya hak untuk tidak mendapatkan kendala apa pun dalam pelayanan," tegasnya.



Simak Video "Banyak Jalan Menuju Sehat Hanya Dari Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)