Rabu, 08 Jan 2020 13:07 WIB

Guru SD Ditangkap karena Cabuli Siswi, Bisakah Ciri-ciri Pedofil Dikenali?

Firdaus Anwar - detikHealth
Guru SD di Sleman ditangkap karena tuduhan cabuli siswinya. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Guru sekolah dasar (SD) di Sleman ditangkap polisi karena tuduhan mencabuli belasan siswinya. S (48) dilaporkan salah satu orang tua yang tak terima putrinya mendapat perlakuan tak senonoh saat mengikuti kegiatan perkemahan.

"Oknum guru ini melakukan perbuatan cabulnya, dengan melakukan perubahan cabul yang terakhir adalah pada tanggal 13 Agustus 2019 pada saat siswi sedang melaksanakan kemah," jelas Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Sleman, Iptu Bowo Susilo, dalam konferensi pers di Mapolres Sleman, Selasa (7/1/2020) kemarin.

Terkait hal tersebut, kasus predator seksual terhadap anak sering dikaitkan dengan kelainan seks pedofilia. Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DMS-5) orang dewasa disebut pedofilia ketika punya fantasi seks berulang terhadap anak di bawah umur dan terdorong hingga melakukan aksinya.


Apakah ada ciri dari seorang pedofil yang bisa dikenali? Jawabannya menurut psikolog forensik Katherine Ramsland dari DeSales University hampir mustahil.

"Prediksi akurat berdasarkan sifat, penampilan, atau perilaku masih berada di luar jangkauan kita," kata Katherine seperti dikutip dari Psychology Today, Rabu (8/1/2020).

Menurut Katherine seseorang yang mungkin tampak 'aneh' atau 'menyeramkan' tidak serta merta membuatnya bisa dicurigai sebagai predator seks anak. Begitu juga orang yang tampak 'terhormat' tidak membuatnya tereliminasi dari kemungkinan sebagai predator.

Apa yang bisa diketahui peneliti dari beragam kasus pedofilia adalah biasanya pelaku orang yang dekat dari anak.

"Modus khas pedofil adalah berteman dengan orang tua dan menawarkan mengasuh korban. Para pedofil tertarik pada situasi yang membuatnya dekat dengan anak sehingga mungkin sengaja menciptakan situasi seperti itu. Perlahan mereka masuk dalam hidup korbannya," kata Katherine.



Simak Video "Nikita dan dr Boyke Bicara Cara Melawan Pedofil"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)