Kamis, 09 Jan 2020 05:00 WIB

Larangan Merokok Khusus Wanita di Unpam Dinilai Salah, Ini Alasannya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Larangan merokok di Universitas Pamulang viral karena hanya ditujukan pada mahasiswi (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth)
Jakarta - Belakangan ini ramai soal larangan merokok yang hanya ditujukan pada mahasiswi yang merokok di kampus. Larangan merokok untuk mahasiswi ini bisa ditemukan di kantin Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan, Banten. Warganet mulai menanyakan mengapa larangan hanya ditujukan ke pada wanita saja.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UPN Veteran Jakarta, yang juga anggota Komite Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT), Dr dr Prijo Sidipratomo SpRad(K), MH, menilai aturan tersebut tidak tepat.

"Ya kampus kan memang masuk kawasan tanpa rokok. Namun yang keliru itu, jika hanya ditujukan pada mahasiswi saja ya tadi. Imbauan larangan merokok di kampus harusnya bukan saja untuk mahasiswi atau mahasiswa. Dosen, pegawai, harus menyadari betul larangan merokok," ujarnya saat dihubungi detikcom, Rabu (8//1/2020).

Ya kampus kan memang masuk kawasan tanpa rokok. Namun yang keliru itu, jika hanya ditujukan pada mahasiswi saja ya tadi. Imbauan larangan merokok di kampus harusnya bukan saja untuk mahasiswi atau mahasiswaDr dr Prijo Sidipratomo SpRad(K), MH - Dekan FK UPN Veteran Jakarta


dr Prijo menyayangkan imbauan yang terjadi Universitas Pamulang ini. Menurutnya, meski larangan tersebut dibuat karena perokok pada mahasiswi lebih banyak. Hal ini seharusnya tidak membuat imbauan soal larangan merokok hanya disebar untuk mahasiswi saja

Selain itu, dr Prijo menjelaskan lebih jauh, bahwa mahasiswa-mahasiswi memang seharusnya menjadi 'trendsetter' bagi kalangan berikutnya, mengingat risiko berbahaya dari merokok begitu banyak.

Ditemui detikcom, Wakil Rektor III Unpam Muhammad Wildan meluruskan bahwa larangan merokok di Unpam berlaku untuk pria maupun wanita. Di luar kantin, ada beberapa spanduk lain larangan merokok yang lebih umum tanpa menyinggung jenis kelamin.

"Iya tidak boleh juga pastinya (pria merokok). Kita sidak. Ada yang merokok di lokasi ini kita langsung sidak, dikumpulkan, dan dipanggil ortunya," kata Wildan



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)