Kamis, 09 Jan 2020 13:30 WIB

Cerita Putri Sule Didatangi 'Lina' Lewat Mimpi, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Cerita putri sule yang didatangi 'Lina' lewat mimpi. (Foto: Instagram @putridelinaa)
Jakarta - Putri Delina, anak kedua Sule dan Lina, dalam postingannya menceritakan kedatangan sang bunda, Lina, ke dalam mimpinya. Saat itu, Putri benar-benar merasa tak ingin lepas dari pelukan sang bunda.

"Masyaallah Ma tadi pagi Mama datang ke mimpi Teteh, ngebangunin Teteh, dan Teteh nggak lepas dari pelukan Mama," ungkap Putri Delina, Kamis (9/1/2020).

Putri memang menemani sang bunda di saat-saat terakhirnya. Di malam meninggalnya Lina, Putri, sedang berada di kediaman sang bunda.

Mengutip Mirror, seseorang yang mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal tak hanya manandakan 'kerinduan' . Namun, pakar juga membahas penjelasan ilmiahnya.

Joshua Black, psikolog dan peneliti mimpi lulusan Brock University, membagikan risetnya di Jurnal Dreaming terkait penjelasan ilmiah tentang mimpi bertemu dengan orang yang meninggal. Dalam risetnya, dia mewawancarai 150 pria, 116 wanita, dan 2 orang yang tak menyebut gendernya.

Orang yang diwawancarai tersebut diminta mengisi kuesioner tentang mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal, seberapa sering mereka berduka. Hasil penelitian mengungkap bahwa mereka yang punya ingatan kuat tentang seseorang yang dikasihinya, cenderung lebih sering bermimpi. Hal ini juga dikaitkan dengan kerelaan seseorang dalam melepas yang mereka sayangi pergi.

"Jika cukup rela, mungkin tidak mengalami mimpi," tegas Joshua Black.



Dikutip dari Learning Minds, semua mimpi sebenarnya mengisyaratkan kondisi psikologis yang sedang kita alami. Namun, memimpikan seseorang yang telah meninggal juga ternyata dapat menjadi tiga tanda berikut:

1. Rasa takut kehilangan
Hal ini terjadi karena sesorang belum rela untuk melepaskan orang yang mereka sayangi. Maka dari itu, kondisi psikologis tersebut bisa membuat kamu bermimpi bertemu dengan orang yang meninggal.

2. Refleksi rasa kesal dan benci
Mimpi orang yang meninggal dunia juga dapat berarti refleksi dari rasa kesal. Rasa kesal itu bisa datang seperti ketika kamu merasa dikhianati sehingga memendam kekesalan sendiri. Akhirnya, pada saat tidur, rasa kesal itu terefleksi dan menjadi mimpi.

3. Upaya pelarian diri lewat alam bawah sadar
Ketika kamu merasa jenuh dengan seseorang yang sering mengekang aktivitas kehidupanmu, pasti kamu berpikiran untuk segera melarikan diri. Karena di kehidupan nyata, kamu tidak bisa melakukannya maka bisa terefleksi lewat mimpi.



Simak Video "Top 5: Henky Solaiman Meninggal, Selebrasi Penutupan McD Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)