Kamis, 09 Jan 2020 16:30 WIB

Rumah Terendam Banjir Waspada Penyebaran Penyakit, Ini Saran Dokter

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Bencana banjir mendatangkan kerugian yang besar bagi masyarakat. Tak hanya mengancam keselamatan jiwa, namun juga hunian yang sempat terendam banjir bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab penyakit.

Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, banjir memungkinkan bercampurnya air bersih dan air kotor, dan sampah berserakan yang tak terkendali. Sehingga sangat rawan terhadap penyakit saluran cerna dan kulit.

"Selain itu, karena suhu dingin dan lembab memungkinkan kuman bisa bertahan lama sehingga memudahkan tertularnya penyakit infeksi seperti flu dan lain-lain," ujar dr Helmin kepada detikHealth baru-baru ini.


Beberapa waktu lalu, di awal tahun 2020, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur beberapa wilayah di Indonesia yang akhirnya terjadi banjir. Maka ketika air berangsur surut, tugas berat pun sudah menanti bersih-bersih rumah. Agar tak menyisakan beragam penyakit, dr Helmin memberikan beberapa saran saat membersihkan rumah usai terendam banjir.

Pertama, kosongkan rumah dengan mengeluarkan dan membuang perabot rumah tangga yang rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Kemudian keringkan perabot yang masih bisa digunakan, dan semua pakaian yang kena air dibersihkan. Lalu bersihkan rumah dan dinding rumah menggunakan pembersih antiseptik untuk membasmi kuman yang masuk ke rumah saat banjir.

"Periksa seluruh ruangan jangan sampai ada lagi tersisa genangan air, lantai harus bersih seperti sebelum terjadi banjir, semua perabot dan pakaian yang terkena air banjir harus dibersihkan dan dikeringkan untuk memastikan tidak ada kuman yang tertinggal," jelasnya.

Saat membersihkan rumah usai banjir, lanjut dr Helmin, gunakan pelindung kaki atau tangan dan masker. Hal ini dilakukan agar untuk menghindari kuman ataupun bakteri yang bisa menjadi penyakit.

"Dan yang pasti, tubuh harus fit saat membersihkan rumah usai banjir dengan mengonsumsi nutrisi seimbang dan jika perlu minum suplemen untuk melengkapi kebutuhan tubuh dan melawan penyakit yang meningkat," jelasnya.


Karenanya, untuk bersihkan rumah agar bersih seperti semula, jangan patah semangat dan tetap jaga kesehatan. Saat membersihkan rumah usai terendam banjir, jangan lupa minum Fatigon Spirit (kemasan merah) pagi hari sebelum aktivitas. Kemudian supaya pemulihan energi lebih
maksimal saat istirahat, minum Fatigon Multivitamin (kemasan putih) malam sebelum tidur supaya pagi bisa segar kembali.

Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)