Kamis, 09 Jan 2020 17:01 WIB

11 Kondisi Kesehatan yang Diyakini Pertanda Ajal Sudah Dekat

Nurul Khotimah - detikHealth
Ada beberapa kondisi kesehatan yang diyakini menandakan ajal sudah dekat (Foto: Thinkstock)


5. Jarang ke toilet
Biasanya orang yang sekarat memiliki kebiasaan makan dan minum yang lebih sedikit, gerakan usus mereka juga berkurang. Kebiasaan buang air besar dan kecil juga berkurang. Meski perubahan ini membuat kesedihan tapi Anda bisa coba komunikasikan ke rumah sakit untuk dapat memberikan kateter untuk orang tersebut agar membantunya dalam buang air.

6. Otot yang melemah
Pada hari-hari jelang meninggal, otot-otot mungkin akan menjadi lemah. Ini berarti dia sudah tidak mampu melakukan aktivitas seperti biasanya. Untuk itu bantulah mengangkat barang untuknya atau membalikkan badan di tempat tidur.

7. Penurunan suhu tubuh
Penurunan suhu tubuh bisa berarti ada sangat sedikit darah yang mengalir ke tangan. Pada hari-hari sebelum seseorang meninggal, sirkulasi mereka berkurang sehingga darah terfokus pada organ-organ internal mereka. Ini berarti sangat sedikit darah yang masih mengalir ke tangan, kaki, atau kaki mereka.

Mengurangi sirkulasi berarti kulit akan terasa dingin saat disentuh. Kulit mereka juga terlihat pucat atau berbintik-bintik dengan bercak biru dan ungu. Menawarkan selimut kepada mereka adalah ide yang baik karena mereka mungkin membutuhkannya.

8. Mengalami kebingungan
Seseorang yang mendekati ajal memiliki otak yang masih sangat aktif. Namun terkadang menjadi bingung atau tidak koheren. Ini dapat terjadi jika mereka kehilangan ingatan tentang apa yang terjadi di sekitarnya. Oleh karenanya, teruslah ajak berbicara dan jelaskan apa yang terjadi.



Selanjutnya
Halaman
1 2 3