ADVERTISEMENT

Minggu, 12 Jan 2020 15:18 WIB

Terpopuler: 11 Kondisi Kesehatan Tanda Ajal Sudah Dekat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
11 kondisi kesehatan tanda ajal mendekat. Foto ilustrasi: Thinkstock

6. Otot yang melemah

Jelang hari-hari kematian, otot-otot yang ada di tubuh orang tersebut akan menjadi lemah. Hal ini membuatnya sudah tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Jika keadaan seperti ini sudah terjadi, bantulah saat ingin mengangkat barang atau sekedar membalikkan badan di tempat tidur.

7. Suhu tubuh menurun

Penurunan suhu tubuh bisa menandakan bahwa darah yang mengalir ke tangan, kaki atau bagian lainnya akan semakin sedikit. Saat seseorang akan meninggal membuat sirkulasi darah akan berkurang, dan hanya terfokus pada organ-organ internal tubuh mereka.

Saat ini terjadi, kulit akan terlihat pucat atau bintik-bintik,terasa dingin saat disentuh, dan muncul bercak biru serta ungu. Pastikan mereka tetap hangat dengan memberinya selimut atau lainnya.

8. Mengalami kebingungan

Saat seseorang mendekati ajalnya, otak yang dimilikinya ternyata masih aktif. Tapi, terkadang suka bingung atau tidak koheren. Ini bisa terjadi jika mereka mengalami hilang ingatan tentang apa yang terjadi di sekitarnya. Untuk itu, ajak mereka berbicara dan dengan perlahan buat mereka menyadari apa yang terjadi.

9. Pola pernapasan berubah

Seseorang yang sudah mendekati ajal atau kematiannya mungkin akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Pola pernapasan mereka akan berubah kecepatannya, terengah-engah, bahkan berhenti bernafas. Jika merasa khawatir, konsultasikan keadaan tersebut pada dokter.

10. Rasa sakit yang meningkat

Rasa sakit akan bertambah saat seseorang telah mendekati waktu kematiannya. Meski sulit mengetahui bagaimana rasa sakitnya, kamu bisa lihat dari ekspresi yang dibuatnya, seperti sedih atau mengeluarkan suara yang terdengar menyakitkan. Untuk sedikit membantunya, konsultasi ke dokter dan obat pereda nyeri agar membuatnya nyaman.

11. Munculnya halusinasi

Bukan hanya saat melamun, orang yang akan meninggal juga bisa mengalami halusinasi. Mungkin karena akan dicabut nyawanya oleh Tuhan, jadi tak perlu aneh jika melihatnya berhalusinasi. Meskipun memprihatinkan, sebaiknya jangan mencoba untuk memperbaiki apa yang ada di penglihatannya agar membuatnya nyaman.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT