Senin, 13 Jan 2020 17:56 WIB

Ancaman DBD Meningkat di Musim Hujan, Waspadai Gejala Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Banyak genangan di musim hujan, ancaman demam berdarah dengue meningkat (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Memasuki musim hujan, Demam Berdarah Dengue (DBD) bermunculan. Namun, sayangnya masih banyak yang tidak memerhatikan gejala DBD. Padahal, DBD bisa berakibat fatal jika tak kunjung diatasi.

Dalam disertasinya, Dr dr Rika Bur, SpPD-KPTI, dari Rumah Sakit Umum YARSI menjelaskan, gejala DBD memang cenderung tidak khas. Maka dari itu, sulit dikenali orang awam.

"Gejalanya sih tidak khas ya sebenarnya, tetapi kalau pasien sudah demam tinggi mendadak, nyeri otot, sakit kepala disertai juga sakit pada bagian belakang mata, terus mual dan muntah itu harus diwaspadai," jelasnya saat ditemui detikcom, Senin (13/1/2020).



Menurutnya, sebagian orang juga mengalami gejala DBD yang terjadi pada masalah pencernaan, seperti mual dan muntah, lalu diikuti rasa tak nyaman pada perut atau punggung. Gejalanya bisa berlangsung selama 2 hingga 4 hari.

Lebih lanjut, dr Rika menyarankan agar selalu memerhatikan lingkungan untuk antisipasi terjangkitnya DBD di musim penghujan, dengan rutin membersihkan genangan-genangan air.



Simak Video "Cara Hilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk Pakai Kulit Petai"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)