Selasa, 14 Jan 2020 18:13 WIB

Delusi tentang Nabi hingga Kerajaan yang Pernah Ramai di Indonesia

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom) Viral kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta - Di media sosial sedang ramai dibahas berdirinya kerajaan di Purworejo bernama Keraton Agung Sejagat. Sebagian besar netizen menuduh para pendirinya mengalami semacam gangguan kejiwaan.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, mengatakan intelejen dan juga jajaran di Polres Purworejo sedang mempelajari soal deklarasi kerajaan tersebut. Kepolisian mendalami legalitas, sejarah, hingga motif di balik Keraton Agung Sejagat.

"Tentunya negara kita adalah negara hukum, semuanya diatur dan kita akan mempelajari dari berbagai aspek. Pertama dari aspek legalitas, kemudian yang kedua dari aspek sosial aspek kultural juga akan kita pelajari aspek kesejarahan, akan pelajari semua. Hari ini baru akan mulai pengumpulan data dan klarifikasi semua," kata Rycko.


Di Indonesia memang beberapa kali ramai soal berdirinya perkumpulan mirip sekte dengan ratusan bahkan ribuan pengikut. Motifnya bermacam-macam mulai dari harta hingga karena gangguan kejiwaan.

Contoh pria asal garut bernama Sensen Komara mengaku sebagai nabi. Ia didiagnosis memiliki gangguan kejiwaan dan sempat menerima hukuman pada tahun 2012 lalu karena dianggap menistakan agama.

Selain itu pada tahun 2018 sempat heboh juga soal munculnya Kerajaan Ubur-ubur di Serang yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Aisyah Tusalamah. Tiga dokter dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Soeharto Heerdjan, Grogol, menyebut Aisyah mengalami gangguan jiwa berat.

"Selama 21 hari diobservasi di Grogol disimpulkan bahwa terperiksa mengalami gangguan jiwa berat, psikosis, tidak mampu bertanggung jawab terhadap perbuatannya," kata Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin saat itu mengumumkan hasil pemeriksaan Aisyah.

Bagaimana dengan Keraton Agung Sejagat? Tentunya masih harus menunggu penyelidikan.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)