Rabu, 15 Jan 2020 05:30 WIB

7 Manfaat Daun Kumis Kucing, Jangan Remehkan Khasiatnya!

Niken Widya Yunita - detikHealth
Foto: iStock/7 Manfaat Daun Kumis Kucing, Jangan Remehkan Khasiatnya!


4. Cegah Infeksi Saluran Kencing

Daun kumis kucaing disebut dapat mencegah infeksi saluran kencing. Sifat antibakteri dan antimikroba menjadikan daun kumis kucing dapat mengatasi infeksi tersebut.

Daun kumis kucing membantu mengurangi bakteri menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil dapat mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemih. Infeksi saluran kemih kerap terjadi pada wanita.

5. Atasi Keputihan

Penyebab keputihan yakni jamur dan bakteri. Infeksi jamur dan ragi menyebabkan keputihan. Sedangkan untuk bakteri yang menyebabkan keputihan yakni bacterial vaginosis. Bakteri ini menyebabkan keputihan yang memiliki bau kuat.

6. Meringankan batuk

Saat musim hujan kita kerap terkena penyakit batuk. Daun kumis kucing dapat meringankan batuk atau penyakit yang menyerang tenggorokan dan saluran pernafasan. Hal in karena daun kumis kucing mengandung zat anti bakteri sehingga dapat membantu membunuh kuman di tenggorokan dan berperan sebagai obat batuk alami.

7. Detoks Tubuh

Daun kumis kucing bermanfaat untuk detos tubuh. Minumannya berupa teh Jawa yang diyakini dapat membantu membersihkan racun dan kuman dari dalam tubuh. Minuman herbal tersebut dibuat dari tanaman kumis kucing yang dicampur dengan rempah lainnya.

Itulah manfaat daun kumis kucing. Untuk ibu hamil, menyusui, dan seseorang yang menunjukkan gejala alergi dapat mengonsultasikan penggunaannya pada dokter.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/erd)