Rabu, 15 Jan 2020 16:21 WIB

Perusahaan Ini Tawarkan Jasa Pembekuan Otak untuk 'Hidup Abadi'

Firdaus Anwar - detikHealth
Nitrogen cair dipakai untuk mengawetkan otak. (Foto: Thinkstock) Nitrogen cair dipakai untuk mengawetkan otak. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Perusahaan KrioRus asal Rusia menawarkan jasa tak biasa yaitu membekukan otak manusia di dalam cairan nitrogen. Tujuannya agar seseorang bisa 'dihidupkan' kembali di masa depan.

salah satu pengguna jasa, Alexei Voronenkov, mengaku sudah membekukan otak ibunya yang meninggal di usia 70 tahun. Ia optimis kehadiran teknologi yang mampu menciptakan tubuh buatan canggih untuk kemudian diintegrasikan dengan otak sang ibu.


"Saya melakukan ini karena kami begitu dekat. Saya pikir ini satu-satunya cara agar kami bisa bertemu lagi," kata Alexei seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/1/2020).

Ahli dari Russian Academy of Sciences, Evgeny Alexandrov, menegaskan bahwa tren membekukan tubuh atau otak ini tidak memiliki dasar ilmiah.

"Hanya sebuah fantasi dari spekulasi harapan orang-orang tentang kebangkitan dari kematian dan hidup abadi," kata Evgeny.

KrioRus menyebut sampai saat ini sudah melayani sekitar 71 pasien yang otak dan tubuhnya dibekukan dengan nitrogen cair.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)