Rabu, 15 Jan 2020 16:40 WIB

Rentan Diidap Generasi Milenial, Ini Cara Deteksi Skoliosis Sejak Dini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cara mendeteksi skoliosis sejak dini. Foto: Tangkapan layar Twitter
Jakarta - Masih terkait dengan thread viral pada akun Twitter @hannyfauzyalina, dokter mengatakan kaum muda alias generasi milenial sangat rentan mengalami skoliosis.

Dokter spesialis orthopedi tulang belakang RSUP Hasan Sadikin Bandung, dr Ahmad Ramdan, SpOT(K), mengatakan kelainan tulang belakang skoliosis itu sangat rentan terhadap generasi muda atau milenial. Hal ini dipermudah karena adanya 'bakat' yang dimilikinya sejak lahir.

"Karena ada bakat dari lahir, jadi skoliosis itu rentan akan muncul saat remaja nanti. Tapi, karena ketidaktahuan adanya bakat itu dan kebiasaan buruk orang muda sekarang, bisa memperburuk keadaan tulang belakangnya," jelasnya pada detikcom, Rabu (15/1/2020).


Untuk mengetahuinya, dr Ahmad menyarankan untuk mulai melakukan screening atau mendeteksinya sejak dini. Caranya, posisikan tubuh membungkuk dengan lurus. Jika bisa, sampai membentuk sudut 90 derajat, agar lebih terlihat jelas.

dr Ahmad mengatakan, jika dilihat dari belakang tidak simetris atau lurus, dipastikan berpotensi skoliosis.

"Segera konsultasi ke spesialis ortopedi, agar diinvestigasi lebih lanjut. Untuk mencegahnya, biasanya akan dianjurkan untuk melakukan terapi," jelasnya.

"Selain itu, bisa juga kita anjurkan untuk melakukan scoliosis exercise atau fisioterapi. Tapi, kalau sudutnya sudah lebih dari 10-20 derajat, wajib memakai brace," lanjut dr Ahmad.


Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/sao)