Kamis, 16 Jan 2020 08:00 WIB

Langit Jakarta Cerah, Tingkat Polusi Udara Menurun?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto: Langit Jakarta cerah pada Selasa (14/1/2020) (Tiara/detikcom)
Jakarta - Belakangan ini langit di sekitaran Jakarta tampak lebih cerah dari sebelumnya. Bahkan di beberapa kesempatan, tak terlihat lagi warna abu pekat di langit yang selalu dikaitkan dengan polusi dan udara tak sehat. Hmm.. apa berarti Jakarta sudah bebas polusi?

"Lagi musim hujan, nggak ada polusi," ujar spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) kepada detikcom, Rabu (15/1/2020).

Pernah nggak kamu cek nggak Air Quality Index saat musim hujan? Menurut penuturan dr Agus, ketika musim hujan, tingkat Air Quality Index akan normal dan berwarna hijau. Udara memang akan lebih baik ketika musim penghujan tiba.


"Kalau lagi bagus mah Alhamdulillah. Berarti hujan membuat kualitas udara membaik. Kenapa? Karena polusi udara ada komponen partikulat meter dan gas," jelas dr Agus.

Ketika udara turun, partikel udara langsung terkondensasi jatuh ke tanah sehingga udara benar-benar murni mengandung udara yang sehat tidak ada kadar polutan. Tingkat partikel udara penyebab polusi seperti PM 2,5 dan PM 10 akan menurun.

Wah, kabar baik bagi pecinta olahraga outdoor dan pejalan kaku! Kalian bisa beraktivitas lagi tanpa takut terpapar polusi.



Simak Video "Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)