Jumat, 17 Jan 2020 12:58 WIB

Mungkinkah Pneumonia 'Misterius' China Menular Orang ke Orang?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pneumonia 'misterius' menggemparkan China (Foto: iStock)
Jakarta - Belum lama ini dunia dikejutkan dengan laporan kasus berat yang mirip pneumonia di Wuhan, China. Secara umum, pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang penyakitnya mudah ditularkan lewat udara.

Meski demikian, sampai saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa penyakit di Wuhan yang disebabkan oleh coronavirus ini belum terbukti bisa menular antar-manusia.

"Karena masih baru, jadi kita belum pasti apakah ini akan terjadi penularan antar-manusia. Karena belum ada kepastian itu, diisolasi dulu pasien yang suspect," demikian penuturan dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K), spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), saat dijumpai di Kantor PDPI, Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (17/1/2020).



Namun masyaramat tetap perlu waspada sebab mobilisasi dari Wuhan ke negara lain sangat tinggi. Dibuktikan dengan beberapa negara lain sudah melaporkan adanya kejadian serupa seperti di Thailand, Korea Selatan, Singapura, Hongkong, Jepang dan Vietnam.

Walaupun belum ada bukti penularan ke manusia, setiap pasien yang dicurigai membawa virus tersebut harus segera diisolasi dan mendapatkan penanganan serius.

"Khawatirmya kalau tidak diisolasi akan menular. Jadi lebih baik pencegahannya didahulukan. Tapi sampai saat ini belum ada bukti yang mengindikasikan bahwa terjadi penularan antar-manusia," pungkasnya.



Simak Video "Ilmuwan China Yakin Vaksin Corona akan Bekerja 99%"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)