Jumat, 17 Jan 2020 13:03 WIB

Tiap Hari Cairan Tubuh Hilang 1.900 ml, Ini Pentingnya Minum Air

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Air merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dilansir dari Journal of Biological Chemistry 158, peneliti bernama Mitchell mengatakan otak dan jantung manusia terdiri dari 73 persen air, paru-paru sekitar 83 persen air. Kulit mengandung 64 persen air, otot dan ginjal 79 persen, bahkan tulangnya mengandung 31 persen air.

"Secara umum, seorang pria dewasa membutuhkan sekitar 3 liter air per hari sedangkan seorang perempuan dewasa membutuhkan sekitar 2,2 liter air per hari untuk dikonsumsi," ujar Mitchell seperti dikutip detikHealth baru-baru ini.

Meski demikian, setiap hari air dalam tubuh ini akan keluar sebanyak 1.900 ml, melalui keringat, feses, urine, hingga insensible water loss. Angka ini tidaklah mutlak dan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor terkait. Apabila berolahraga, keringat yang keluar akan lebih banyak.

Karena itu, penting sekali untuk mengganti air yang sudah hilang dari tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sebab dehidrasi dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti kurangnya konsentrasi hingga nyeri kepala. Adapun hal lainnya seperti berikut.

Keseimbangan Cairan Tubuh Terganggu
Ketika tubuh kekurangan air, keseimbangan cairan dalam tubuh juga terganggu. Tergantung dari seberapa berat dehidrasi yang diakibatkan, kehilangan 1-2% cairan tubuh saja dapat menyebabkan rasa haus yang kuat, kehilangan cita rasa, dan perasaan tidak nyaman.

Gangguan pada Sendi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada bagian tulang kita ada kandungan air sebesar 31%. Pada sendi, air berfungsi sebagai pelumas atau lubrikan dalam bentuk cairan sendi, yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan baik dan meredam gesekan antarsendi.


Menghambat Proses Pemulihan Saat Sakit
Banyak ahli telah menyatakan bahwa organ tubuh pada manusia punya kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri ketika sedang terjangkit penyakit. Namun, fungsi dari organ tubuh akan terganggu jika asupan air putih yang Anda miliki rendah.

Oleh karena itu, gantilah air yang hilang tersebut dengan air putih. sebanyak jumlah air yang keluar dari tubuh. Serta pilih, Air mineral kemasan yang baik bersumber dari lingkungan yang tidak tercemar. AQUA bersumber dari 17 sumber air pegunungan terpilih di Indonesia.

Selain berasal dari sumber terpilih, kesegaran AQUA tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas, dibotolkan di sumbernya. AQUA sudah terbukti selama 45 tahun menemani dan memenuhi kebutuhan air minum kemasan berkualitas untuk keluarga Indonesia. (ega/ega)