Sabtu, 18 Jan 2020 07:00 WIB

4 Ramuan Alami Penangkal Masuk Angin di Tengah Cuaca Hujan Pagi Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Beberapa tempat di Jakarta kembali diguyur hujan sejak semalam (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Cuaca mendung dan hujan di beberapa tempat pagi ini membuat badan gampang drop. Jangan sampai sakit, ada banyak sekali ramuan alami yang bisa membantu menjaga kebugaran tubuh dalam situasi seperti ini.

Manjur juga bagi kamu yang merasa mual karena hamil, traveling, atau karena asam lambung, semua situasi sama-sama sulit untuk diatasi. Berikut adalah 4 obat alami yang bisa kamu gunakan untuk meredakan mual dan mudah ditemukan di rumah.



1. Jahe

Jahe merupakan bumbu dapur yang bisa ditemukan di manapun, termasuk di rumah. Bumbu satu ini kerap menjadi obat alami untuk menangani mual, muntah, dan kondisi terkait perut. Kamu bisa mengunyah secuil jahe segar atau gunakan dalam masakan atau campur ke dalam teh. Namun ingat, mengonsumsinya memang aman, namun jangan berlebihan.

2. Lemon

Rasa segar yang diciptakan dari buah lemon sangat ajaib saat merasa mual. Jus lemon mengandung asam yang menetralkan, yang membentuk senyawa bikarbont yang membantu meredakan rasa mual. Tambahkan perasan buah lemon dan sejumput garam di segelas air hangat, aduk, lalu minum saat kamu merasa mual pagi ini.

3. Peppermint

Tak perlu memakannya, menghirup bau peppermint baik dalam bentuk apapun bisa meredakan rasa mual. Menurut sebuah studi, aromaterapi peppermint efektif mengurangi rasa mual sebanyak 75 persen pada semua kasus. Praktik ini juga cukup aman untuk dilakukan.

4. Rempah-rempah

Beberapa bumbu atau rempah yang kita gunakan sehari-hari juga bisa digunakan untuk mengurangi gejala mual. Misalnya seperti kayu manis dan jinten merupakan rempah yang umum digunakan untuk menangan rasa mual dan muntah. Kamu bisa mencampurkannya dalam segelas teh untuk mendapatkan manfaatnya.



Simak Video "BPOM Tak Beri Izin Edar Herbal 'Polosan' Milik Hadi Pranoto"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)