Sabtu, 18 Jan 2020 08:45 WIB

5 Tips Jaga Kondisi Agar Tubuh Tak Tumbang di Musim Hujan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
5 tips mudah agar tubuh tak tumbang saat hujan. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Memasuki musim hujan, kamu harus mulai mewaspadai penyakit yang menyerang di musim penghujan. Penyakit seperti flu, masuk angin, demam berdarah dengue (DBD), sampai leptospirosis, berisiko menyerang tubuh saat musim hujan.

Meski begitu, beberapa orang sering mengabaikan hal-hal sederhana yang perlu dibiasakan saat musim hujan.

Kalau tubuhmu sudah tumbang, aktivitas yang lain pun jadi terhambat. Cobalah untuk mulai biasakan hal-hal ini agar tubuh tak mudah tumbang di musim hujan, dikutip dari Vuuzle:

1. Hindari genangan banjir

Memasuki musim hujan, kamu pasti pernah mendengar soal leptospirosis. Penyakit ini disebarkan melalui urin atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Beberapa jenis hewan dapat menjadi pembawa leptospirosis, seperti anjing, dan tikus.

Air seni hewan ini biasanya ada di air banjir selama musim hujan. Selain itu, di urin terdapat kuman dan bakteri yang berasal dari sampah di tempat lain. Karena itu, pastikan untuk segera mandi air hangat setelah terendam air banjir.

2. Konsumsi Vitamin C

Konsumsi vitamin C setiap hari sangat dianjurkan untuk membantu menjaga tubuh dari serangan flu. Selain itu, rutin konsumsi vitamin C bisa menjadi antibodi bagi tubuh.

3. Cukup minum air putih

Bukan berarti saat musim hujan kamu merasa tubuh sudah cukup terhidrasi karena suhu udara yang dingin. Minum air yang cukup menjaga tubuh tetap fit, dan terhindar dari penyakit flu, pilek, dan tentunya dehidrasi.


4. Siapkan perlengkapan hujan

Banyak orang yang mengabaikan hal ini. Padahal, saat musim hujan kamu perlu mengenakan pakaian hangat, dan selalu sedia payung. Saat musim hujan, kamu juga penting untuk menjaga tubuh agar tetap kering, dan hangat.

5. Mandi

Meski cuaca sedang dingin, bukan berarti kamu tak perlu mandi. Mandi dapat menstabilkan suhu tubuh yang terkena air hujan, agar kembali ke suhu normal. Selain itu, penting untuk membersihkan kuman atau bakteri yang mungkin tertinggal dari air hujan.



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)