Selasa, 21 Jan 2020 17:02 WIB

Jangan Pakai Microwave, Ini Cara Aman Untuk Hangatkan ASI

Nurul Khotimah - detikHealth
Memanaskan ASI tidak dianjurkan di microwave. (Foto: iStock)
Jakarta - Setiap orang pasti selalu menginginkan cara-cara praktis dalam kegiatan sehari-harinya. Tapi beberapa cara praktis dan cepat terkadang memiliki risiko tertentu, misal saat menggunakan microwave.

Beberapa makanan justru sebaiknya tidak dipanaskan dengan microwave. Seperti misalnya air susu ibu (ASI) dari kulkas.

Alasannya karena panas dari microwave bisa merusak nutrisi dan antibodi dalam ASI. Selain itu, gelombang mikro pada microwave tidak memanaskan makanan secara merata.


Untuk itu sebaiknya tak menggunakan microwave bila ingin menghangatkan ASI. Berikut cara-cara aman yang bisa kamu lakukan untuk menghangatkan ASI dari kulkas seperti dirangkum dari Health Line.

1. Panaskan ASI dengan melelehkannya di atas mangkuk berisi air hangat

Tempatkan kantong tertutup atau botol ASI di dalam mangkuk berisi air hangat. Biarkan terendam selama 1-2 menit sampai suhu ASI mencapai yang diinginkan. Dengan begitu ASI bisa dinikmati oleh bayi dengan aman.

2. Hangatkan dengan air mengalir

Kamu juga bisa menghangatkan ASI dengan air hangat yang mengalir. Lakukan dengan memegang botol atau kantong ASI dan biarkan air hangat mengalir selama beberapa waktu. Pastikan tangan atau jari tidak masuk ke dalam botol untuk menghindari kontaminasi.

3. Menghangatkan ASI dari freezer

Ketika ASI akan dihangatkan dari freezer atau pendingin, kamu bisa lakukan dengan mencairkannya terlebih dahulu. Pindahkan ASI dari freezer ke bagian kulkas biasa selama semalaman agar mencair. Setelah itu barulah bisa dihangatkan.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)