Selasa, 21 Jan 2020 20:00 WIB

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Ahli Sebut Makan Cokelat Bisa Membantu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Makan cokelat bisa membantu atasi insomnia. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu bisa diyakini dapat membantu tidurmu lebih nyenyak. Salah satunya adalah cokelat, yang justru kerap dihindari apalagi jika sedang diet.

Namun menurut nutrisionist dan pelatih pribadi Keris Marsden, cokelat justru punya manfaat besar bagi tidur malam kita. Ia menyebutkan bahwa cokelat adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan kadar hormon serotonin yang bisa mendorong produksi melatonin dalam tubuh, yang membantu mengatur siklus tidur kita.

Tak hanya itu, dalam studi yang dilakukan para peneliti di University College London mengatakan bahwa orang orang yang memakan dark chocolate lebih jarang terkena depresi.


Mereka melihat data dari 13.626 orang dewasa, termasuk konsumsi cokelat mereka, gejala depresi, dan serangkaian faktor lainnya yakni tinggi, aktivitas fisik dan masalah kesehatan kronis apapun.

Analisis mengungkapkan bahwa peserta yang melaporkan makan dark chocolate dalam periode dua kali 24 jam memiliki 70 persen kemungkinan lebih rendah terkena gejala depresi ketimbang mereka yang tak makan cokelat sama sekali.

"Studi ini memberikan bukti bahwa konsumsi cokelat, terutama dark chocolate, bisa terkait dengan penurunan gejala depresif yang relevan dengan klinis. Bagaimanapun penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengklarifikasi arah penyebab, bisa saja depresi menyebabkan mereka tak berminat memakan cokelat atau bisa saja ada faktor lain yang membuat mereka jarang makan dark chocolate dan menjadi depresi," tandas Dr Sarah Jackson, yang memimpin studi tersebut.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)