Rabu, 22 Jan 2020 15:00 WIB

Bukan Pakai Obat Sakit Kepala, Ini Tips Empukkan Daging dari Pakar Gizi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Masak daging agar empuk tak perlu pakai obat sakit kepala. (Foto: iStock)
Jakarta -

Viral postingan obat sakit kepala buat masak daging biar empuk mendapat banyak respon dari netizen. Ada yang mengaku pernah mencobanya tetapi banyak juga yang menyarankan alternatif lain untuk mengempukkan daging.

Memang sih memasak daging itu perkara gampang-gampang sulit. Tentu banyak yang nggak pengin daging yang mereka masak menjadi alot dan keras. Tapi mencampurkan obat sakit kepala sebagai alternatif juga tidak boleh sembarang dilakukan.

"Ketimbang masukin tablet flu, mending imbuhi rempah. Juga asam jawa misalnya, kayak buat pidang. Jauh lebih logis karena asam memecah ikatan kolagen dan serabut otot, membuat air masuk, tertahan di dagingnya dan bikin empuk," jelas ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen saat dihubungi detikcom, Rabu (22/1/2020).

Selain dengan asam jawa, bisa juga dengan membungkus daging dengan daun pepaya. Kata dr Tan, di daun pepaya ada enzim papain yang berguna untuk mengempukkan daging.

"Orang Korea memarut pir sebagai bagian dari bumbu perendam. Pir mengandung calpain, enzim pengempuk daging sekaligus memberi rasa manis tanpa perlu memasukkan gula pasir sebagai bumbu," tambahnya.

Ada juga yang menggunakan panci presto atau parutan nanas untuk mengempukkan. Jadi nggak perlu ya pakai obat sakit kepala. Sebab efek sampingnya beragam dan akan mengancam kesehatanmu.

"Jika dalam dosis tertentu dan sering digunakan, bisa kecanduan," pungkas dr Tan.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)